PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI  MEDIA MAKET RUMAH SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT GAMBAR RENCANA  KELAS X TGB SMK NEGERI KUDU JOMBANG

  • SAFRIZAL

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang yaitu pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecendrungan siswa lebih banyak mendengarkan ceramah dari guru karena tidak memakai alat peraga/media pada saat pembelajaran. Proses belajar mengajar dengan menggunaan media maket sangat efektif karena dapat lebih memperjelas pemahaman siswa sehingga siswa akan lebih tertarik untuk belajar. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar melalui  media maket rumah sederhana pada mata pelajaran membuat gambar rencana  kelas X TGB SMK Negeri Kudu Jombang dan untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap media maket pada mata pelajaran membuat gambar rencana  kelas X TGB SMK Negeri Kudu Jombang.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Experimen quasi. Penelitian dilaksanakan pada waktu semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah  siswa kelas  Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan sampelnya adalah kelas X (TGB 1) yang berjumlah 34 siswa dan TGB 2 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi perangkat pembelajaran meliputi: 1). Silabus, 2). Perangkat pembelajaran (RPP) dan 3). Media pembelajaran, tes hasil belajar serta angket respon siswa.

Berdasarkan hasil analisis dengan rumus Chi Kuadrat ( 2) pada nilai tes kognitif eksperimen, kognitif kontrol, psikomotor eksperimen dan psikomotor kontrol yaitu  2hitung > 2tabel, H0 di tolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui media maket rumah sederhana pada mata pelajaran membuat gambar rencana.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Maket, Rumah Sederhana, Membuat Gambar Rencana.

This research have background usage teaching media in process of teaching learning can awaken pretension and new interest, motivation and stimulation study activity, and even carry effects psychological toward students. In process of learning still often meet there are the students greater listening speech of teacher because not use model/media when learning. Process of teaching learning with using mockup media very effective because can clarifier students’ comprehension till the students will more interesting to study. Besides that, this research aim to know how much improving result of study through mockup media the simple home in lesson make picture plan class X TGB SMK Negeri Kudu Jombang and how much students’ response toward mockup media in lesson make picture plan class X TGB SMK Negeri Kudu Jombang.

Kind of research used quasi experimental. The research was conducted when whole semester  2014/2015. The population of this research are students class Teknik Gambar Bangunan (TGB) and simple are class X (TGB 1) that number 34 students  and (TGB 2) that number 34 students. Teknik of collecting the data used validation of lesson equipment namely: 1). Syllabus, 2). Lesson plan (RPP) and 3). Lesson media, tes result of study and questionnaire of students’ response.

Based on the result of analysis by formula Chi Quare ( 2) on value tes cognitive experiment, cognitive control, psyhomotoric experiment and psyhomotoric control namely:  2hitung > 2tabel, H0 rejected Ha received. So can conclude that there are improving result of study through mockup media the simple home in lesson make picture plan.

Key words: Result of study, mockup media, the simple home, make picture plan.

Published
2016-03-24
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 625