PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PEMBUATAN SAMBUNGAN DAN HUBUNGAN KAYU DI KELAS X KK SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • FARIS BUDI PRASETYA

Abstract

SMK Negeri 2 Surabaya merupakan sekolah kejuruan yang memiliki program studi keahlian teknik, yang salah satunya teknik konstruksi kayu (TKK). Pada kompetensi keahlian teknik konstruksi kayu telah menerapkan mata pelajaran konstruksi bangunan dengan kompetensi dasar mendeskripsikan pembuatan sambungan dan hubungan kayu di kelas X TKK. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dalam proses pembelajaran guru bertanya pada siswa kurang berminat belajar terhadap mata pelajaran konstruksi bangunan. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang sesuai dan tidak adanya media pembelajaran yang di gunakan oleh guru.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran think pair share (TPS) dengan media macromedia flash pada mata konstruksi bangunan
Penelitian yang digunakan adalah jenis true experiment. Untuk uji coba produk menggunakan model pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil pada kompetensi keahlian teknik konstruksi kayu di SMK Negeri 2 Surabaya. Pada kelas kontrol diberi perlakuan media macromedia flash sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran think pair share dengan media macromedia flash. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis komparatif menggunakan uji t satu pihak kanan
Dalam penelitian ini hasil belajar siswa diharapankan dapat memenuhi nilai KKM yaitu sebesar 75. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan media macromedia flash didapat nilai rata-rata kelas sebesar 74,23 berbeda dengan rata-rata untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media macromedia flash didapat nilai rata-rata kelas sebesar 81,28. Analisis uji-t mendapat nilai thitung = 5,105sedangkan ttabel =1,619, dengan demikian thitung> ttabel sehingga prioritas H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media macromedia flashlebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang hanya menerapkan media macromedia flash.

Kata Kunci: Model think pair share, macromedia flash, hasil belajar.

State Senior High School 2 Surabayais avocational schoolthathas a course oftechnical expertise, one of whichwood constructiontechniques(TKK).On thecompetence oftimber constructionengineeringsubjectshave implementedconstructionwithbasic competenciesdescribe themanufacture ofconnectionsandrelationshipswoodinclassXTKK.Results of interviews withsubject teachersin the learning processthe teacher askedthestudents are lessinterested in learningthesubjectsbuilding construction.One contributing factoris thelack ofappropriateteaching methodsandthe learning mediathat is in useby teachers.The purposeof this studywas to determinethe feasibility oflearning tools, keterlaksanaanlearning, student responses, and student learning outcomesusinglearning modelthink pairshare (TPS) withmacromediaflashmediaon the eyebuilding construction
The research use in this study is a true experiment. For the trial of the product, we using the pretest posttest control group design. The research sample taken from the skill in technical wood construction competention in State Senior High School 2 Surabaya. In control class, macromedia flash used as a media and in experiment class given the think pair share study model with macromedia flash.Analysis of data usingnormality test,homogeneity, and hypothesis testingcomparativeusingthe t testof therighthand.
In this research, the student study result could be expected to fulfill the KKM grade which is 75. The average of student study result in control class is 74,23, different with the experiment class with average of 81,28. T-test analysis got value t-calculate=5,105 while t-table=1,619 therefore t-calculate > t-table so that priority Ho rejected Ha be accepted, it means that the student study result that use the think pair share with macromedia flash is better rather than the one that applied the macromedia flash only.

Keywords: Think pair share model, macromedia flash,studentĀ  learning results.

Published
2016-04-05
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 29