PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 1 SIDOARJO

  • ACHMAD ARDHI P

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu usaha yang dilakukan dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.Upaya yang dilakukan Pemerintah yaitu dengan menerapkan kurikulum 2013, kurikulum yang menekankan siswa harus aktif. Model pembelajaran merupakan salah satu alternative yang dapat merubah cara belajar siswa. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah Missouri Mathematics Project (MMP). MMP merupakan suatu program yang dirancang untuk membantu guru secara efektif menggunakan latihan-latihan agar guru mampu membuat siswa mendapat perolehan yang menonjol dalam prestasinya.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran MMP tersebut pada kompetensi dasar menganalisis konstruksi balok sederhana (rol dan sendi) yang dilihat berdasarkan hasil nilai akhir dan juga pengamatan kegiatan belajar siswa selama kegiatan belajar berlangsung maupun kegiatan mengajar guru di kelas.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X Teknik Bangunan di SMKN 1 Sidoarjo, guru dan model pembelajaran sebagai objeknya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar pengamatan observasi kegiatan mengajar guru dan siswa, dan lembar test hasil belajar (Posttest).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar rata-rata 46% siswa tuntas dari siklus I menjadi 77% pada siklus II. Kegitan mengajar guru di kelas pada siklus I rata-rata mendapatkan skor 40 dengan kriteria kurang baik, dan rata-rata yang didapat dari siklus II adalah 61 dengan kriteria baik. Kegitan belajar siswa di kelas pada siklus I rata-rata mendapat skor 27 dengan kriteria kurang baik dan pada siklus II mendapatkan rata-rata skor 38 dengan kriteria baik. Dengan demikian, model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di SMKN 1 Sidoarjo.

Kata Kunci : Missouri Mathematics Project, Peningkatan Hasil Belajar

Education is one of the way can do and planned for make situation study active for students develop her potential. The way whose Government do for it is application curriculum 2013, this curriculum have to make student study active.Learning model is one of way for change method study. The application learning model in this through is Missouri Mathematics Project (MMP), MMP is one program whose designed for helping teachers use more exercise so that she make the improvement in value.

The research was conducted aiming to improve student learning outcomes through the application of Missouri Mathematics Project (MMP) learning model on the basic competence of analyzing the construction of simple beams (rollers and joints) that are examined based on the final scores and also the observation of learning activities of students during the learning process and teaching activities.

The type of research used in this study is Penilaian Tindakan Kelas (PTK) in which students in class 10-Engineering Building at SMKN 1 Sidoarjo are being the subject of the study, teachers and than throught of learning model as object. Data collection techniques in this study were obtained through observation sheet used to observe teaching activities of teachers and students, and test sheet of learning outcomes (Post Test).

The result shows that there is an improvement of learning outcomes by an average 46% of students completed the first cycle to 77% in the second cycle. Teaching activities of teacher in the first cycle has average score is 40 for bad criteria and in the second cycle has average score is 61 with good criteria. Further, the learning activities of students in the first cycle has average score is 27 for bad criteria and in the second cycle has average score is 38 with good criteria Accordingly, MMP learning model may improve student learning outcomes in the subject of Mechanical Engineering.

Keywords : Missouri Mathematics Project, The Improvement of Learning Outcomes

Published
2016-04-06
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 15