PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TKBB DI SMKN 1 BENDO MAGETAN

  • DIMAS WAHYU ERTIANTO

Abstract

Teknik Kontruksi Batu Beton (TKBB) merupakan salah satu kompetensi keahlian pada SMK. Kompetensi keahlian TKBB terdapat mata pelajaran konstruksi bangunan yang merupakan mata pelajaran produktif yang mempelajari mengenai teori dan pelaksanaan konstruksi bangunan di lapangan. Pada mata pelajaran konstruksi bangunan siswa merasa kesulitan memahami mata pelajaran karena isi materi pelajaran lebih banyak membahas mengenai pelaksanaan pekerjaan konstruksi di lapangan sementara sumber utama siswa belajar dan memperoleh informasi didapat dari guru dan mencatat pada buku catatan.

Media pembelajaran yang digunakan yaitu berbasis komputer menggunakan Lectora Inspire, hal ini memungkinkan terlaksananya kegiatan belajar mandiri untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X TKBB di SMKN 1 Bendo Magetan.

Penulisan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan tahapan pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk. Sedangkan tahap produksi massal tidak dilaksanakan. Tahap pengujian produk dilakukan melalui uji coba kepada 30 siswa kelas X TKBB di SMKN 1 Bendo Magetan.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil validasi kelayakan media didapat nilai akhir sebesar 3,68, diperoleh dari akumulasi nilai rata-rata tampilan media sebesar 3,72 dan isi materi media sebesar 3,64. Hasil belajar siswa menunjukkan sebagian besar telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta didapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 78,50.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Konstruksi Bangunan.

Concrete Stone Construction Technique (TKBB) is one of the vocational competency skills. There is a construction subject that have to be learnt on TKBB competency skill which is learn about the theory and the implementation of construction in the field. Students found difficulties on learning construction subject because most of the subject’s material is discuss about the implementation of construction’s job in the field meanwhile the main source of the students to learnt and gained information only obtained from teachers and noted in the notebook.

The learning media that used was computer based using Lectora Inspire. It allowed the implementation of self-learning activities to resolve the student’s learning difficulties. The objective of this study was to discover whetherLectora Inspire Media is feasible to be used for teaching and learning activity of construction subject in tenth graders of TKBB in SMKN 1 BendoMagetan.

This essay is the result of research and development (R&D), namely Interactive Learning Media Development Using Lectora Inspire toward Construction Subject by stages of introduction, development and product examination while the stage of mass productionwas not implemented. The examination stage had done through a trial toward the tenth graders of TKBB in SMK 1 Bendo, Magetan.

Based on the research data analysis result showed that learning media developed using Lectora Inspire decent for use by the media feasibility validation results obtained final value of 3.68, was obtained from the accumulated average value of 3.72 for media display and 3,64 for media material content. Learning outcomes of students shows most already meet the minimum completeness criteria (KKM) and obtained an overall average valuewas 78.50.

Keywords: Learning Media development, Lectora Inpire, Construction Subject.

Published
2016-04-26
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 74