PENGGUNAAN MACROMEDIA CAPTIVATE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • DIAJENG TRIHARYANTI ANGREINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Group Investigation (GI) dengan media Macromedia Captivate pada materi pelajaran gambar konstruksi materi kusen, pintu dan jendela; dan respon siswa menggunakan metode (GI) dengan media Macromedia Captivate.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilakukan secara bergantian. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar test hasil belajar siswa pada pertemuan I, II dan ke III ke las XI GB 1 dan XI GB 2 di SMK Negeri 5 Surabaya dan lembar angket respon siswa yang diberikan pada akhir pertemuan. Uji t dihitung menggunakan program IBM SPSS Statistics 20.

Rata-rata  kelayakan media dapat dihitung dengan total jumlah nilai skor dari nomor item 1 sampai 10 (44) dibagi dengan banyak nomor item (11) yang mempunyai nilai hasil (4=baik). Berdasarkan perhitungan uji t pertemuan ke I didapatkan nilai thitung > ttabel (2,392 > 1,999), perhitungan uji t pertemuan ke II didapatkan nilai thitung > ttabel (3,111 > 1,999), perhitungan uji t pertemuan ke III didapatkan nilai thitung > ttabel (2,558 > 1,999), Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe GI dengan menggunakan media Macromedia Captivate dan kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe metode (GI) dengan media Macromedia Captivate terhadap hasil belajar siswa pada materi kusen, pintu dan jendela.

Kata KunciMacromedia Captivate, Group Investigation (GI), Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa.

This study aims to determine the results of learning teaching methods Group Investigation (GI) with Macromedia Captivate media on the subject matter of construction material picture frames, doors and windows; and the response of the students using the method (GI) with media Macromedia Captivate.

This type of research is a quasi experiment with experimental class and control class conducted alternately. Collecting data in this study were obtained through the test sheet student learning outcomes at the meeting I, II and III to weld XI and XI GB 1 GB 2 in SMK Negeri 5 Surabaya and sheet student questionnaire responses given at the end of the meeting. T test calculated using IBM SPSS Statistics 20 program.

. The average media feasibility can be calculated by the total score value of the item numbers 1 through 10 (44) divided by the lot number of items (11) which has a value of (4 = excellent). Based on the calculation t test meeting to I obtained the value t count > t table (2.392> 1.999), the calculation t test meeting II obtained tcount > ttable (3,111> 1,999), the calculation t test meeting to III obtained tcount> t table (2,558> 1,999 ), means that there are differences in learning outcomes between classes that implement cooperative learning methods GI using Macromedia Captivate and media class that implements the conventional teaching methods. Thus, cooperative learning model method (GI) with Macromedia Captivate media on student learning outcomes in material sills, doors and windows.

Keyword : Macromedia Captivate, Group Investigation (GI),   Student Result Test, Student Response.

Published
2016-05-16
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 39