HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR PERANGKAT LUNAK TERHADAP KETERAMPILAN MENGGAMBAR PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • DIMAS FATCHUR RIZALLI

Abstract

Mata pelajaran menggambar perangkat lunak adalah mata pelajaran produktif yang mengacu pada metode teori disertai praktik siswa, mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang penting dan berkaitan dengan mata pelajaran produktif lain. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan kesiapan belajar dan keaktifan siswa terhadap keterampilan menggambar perangkat lunak siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo.Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang besarnya hubungan kesiapan belajar dan keaktifan siswa terhadap keterampilan menggambar perangkat lunak siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas X TGB yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket kesiapan belajar, lembar observasi keaktifan siswa. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menganalisa data yang didapat menggunakan program bantu SPSS untuk mengetahui besarnya hubungan antar variabel, persamaan regresi dan menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesiapan belajar terhadap keterampilan menggambar perangkat lunak, serta memiliki pengaruh antar variabel sebesar 3,6 %.Terdapat hubungan antara keaktifan siswa terhadap keterampilan menggambar perangkat lunak, serta memiliki pengaruh antar variabel sebesar 0,3 %.Terdapat hubungan antara kesiapan belajar dan keaktifan siswa terhadap keterampilan menggambar perangkat lunak, serta memiliki pengaruh antar variabel sebesar 4,4 %.Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri antara kesiapan belajar dan keaktifan siswa terhadap keterampilan menggambar perangkat lunak.

Kata Kunci: Kesiapan belajar, keaktifan siswa, keterampilan menggambar perangkat lunak..

Abstract

Subjects drawing software is subject productive refers to methods of theory with practice students, These subjects are important subjects and subjects related to other productive. The problems were taken in this study is how the correlation between students' readiness to learn and student activityagaints drawing skills softwarestudent class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo.The purpose of this study is to obtain a description of the correlation and involvement of the student 's readiness to learn drawing skills softwarestudent class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo.

This research method is quantitative descriptive. The subjects were all students of class X TGB totaling 30 students.Data collection techniques in this research using questionnaires, observation, and documentation. In this research, the instrument used isquestionnaires readiness to learn, observation actifitysheet. Data analysis technique is done by analyzing the data obtained using the auxiliary program SPSS to determine the correlation between variables, regression equation and test hypotheses.

The results showed that there is a correlation between the readiness to learn the skills of drawing software , as well as having an effect between the variables of 3,6 %.There is a relationship between the activity of students to draw skills of software , as well as having an effect between the variables of 0,3 %.There is a relationship between students' readiness to learn and liveliness to the drawing skills of software , as well as having an effect between the variables of 4,4 %.It can be concluded that there is a positive influence jointly and severally between readiness to learn and student activity against drawing skills software..

Key words: readiness to learn, student activity, drawing skills software..

Published
2016-06-20
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 76