IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK UNTUK HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • LODOWIKUS TIPO

Abstract

Penelitian ini di laksanakan sesuai dengan permasalahan, bahwa implementasi kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik masih banyak mengalami kendala, sehingga kegiatan belajar cendrung berpusat pada guru dan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan kurang optimal di karenakan pembelajaran dengan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan belum dapat di laksanakan secara optimal. Oleh karena itu perlu pendekatan saintifik dengan mengimplementasinya dalam kegiatan pembelajaran untuk hasil belajar yang optimal.

Penelitian ini merupakan penelitin penerapan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, yang di lakukan dalam 2 pertemuan yang terdiri dari  5 tahapan yaitu: mengamati, menanya,pengumpulan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasi, dan sebagai subjek dari penelitian penerapan ini adalah siswa – siswi kelas x TGB 2 SMK Negeri 1 Nganjuk dengan jumlah sebanyak 38 siswa. Data hasil belajar siswa di kumpulkan melalui tes hasil belajar  serta pengematan guru mengajar dan siswa belajar terhadap pendekatan saintifik.

Hasil penelitian dengan implementasi pendekatan saintifik untuk hasil belajar siswa pada kelas x TGB 2 dapat meningkat  dengan hasil belajar siswa pada pertemuan I di peroleh 67 % kemudian meningkat menjadi 97 % pada pertemuan II sedangkan untuk kegiatan guru mengajar terjadi peningkatan, pada pertemuan I di peroleh 46, 6 % meningkat menjadi 75 % pada pertemuan II dan untuk kegiatan belajar siswa juga terjadi peningkatan, pada pertemuan I di peroleh 51,4 % mengingkat menjadi 71,4 % pada pada pertemuan II. Sehingga dapat di tarik kesimpulan, bahwa implementasi pendekatan saintifik mengalami peningkatan dari hasil belajar, kegiataan mengajar serta kegiatan belajar siswa di kelas.

Kata Kunci : Pendekatanm Saintifik, Menggambar Teknik,  Hasil Belajar

The research was carried on in accordance with the problems , that the implementation of the curriculum in 2013 with the approach of scientific still experienced many obstacles , so the learning activities tends centered on the teacher and student learning outcomes in class X Architecture Engineering less than optimal in because learning with assessment of attitude, knowledge and skills can not be implemented optimally . Therefore it is necessary to implement them in a scientific approach to learning activity for optimal learning results .

This study is a research is conducted application that uses learning to approach scientific , which is done in two meetings that consists of five stages: observe , ask , data collection , associate , and communicate , and as a subject of study this implementation is a student - student class x TGB 2 SMK Negeri 1 Nganjuk with a total of 38 students . Student learning outcome data collected through the test results to learn and Observation of teachers teach and students learn the scientific approach .

The results of the research with the implementation approach is scientific to student learning outcomes in the classroom x TGB 2 can be increased by student learning outcomes at the meeting I obtained 67 % and then increased to 97 % at the meeting II while the activities of teachers teaching an increase , at a meeting I obtained 46 , 6 % increased to 75 % in the second meeting and to student learning activities must be increased , at a meeting I obtained increase 51.4 % to 71.4 % in the second meeting . So it can be deduced that the implementation of the scientific approach of increased learning outcomes , activity teaching and learning activities of students in the classroom .

Keywords : Scientific approach , Drawing Techniques , Learning Outcomes

Published
2016-06-21
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 23