HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DAN LKS PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X KBB DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • MUHAMMAD SYAH

Abstract

Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan merupakan salah satu mata pelajaran yang dimasukan kedalam kompetensi keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton (KBB) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Surabaya. Salah satu perangkat pembelajaran yang mengaktifkan siswa adalah media powerpoint dan LKS yang berupa materi dan gambar-gambar, diharapkan dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang memudahkan siswa untuk berinteraksi dengan materi yang diberikan dan hasil belajar siswa yang lebih baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kelayakan pembelajaran dengan media powerpoint dan LKS. (2) Bagaimanakah keterlaksanaan pembelajaran dengan media powerpoint dan LKS. (3) Bagaimanakah hasil belajar kognitif siswa dengan pembelajaran media powerpoint dan LKS pada mata pelajaran konstruksi bangunan.

Metode Penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri 2 siklus dari 4 tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X KBB SMK Negeri 7 Surabaya yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 bulan April 2015-2016. Data-data pada penelitian ini adalah kelayakan perangkat pembelajaran yang diisi oleh ahli perangkat, pengamatan keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa serta hasil kognitif belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan media powerpoint dan LKS.

Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan media powerpoint dan LKS memperoleh nilai rata-rata 80%, sehingga perangkat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media powerpoint dan LKS pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 36,5%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 89,25 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil pengamatan keterlaksanaan kegiatan belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan media powerpoint dan LKS pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 31,75%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 92,5% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif pada siklus I  jumlah siswa yang dinyatakan tuntas 20 siswa dan jumlah siswa yang dinyatakan tidak tuntas 11 siswa dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 30 dari 31 siswa. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang dinyatakan tuntas 30 siswa dan jumlah siswa yang dinyatakan tidak tuntas 1 siswa dengan nilai tertinggi 100 dan yang terendah 65 dari 31 siswa.

Kata kunci: Pembelajaran menggunakan media powerpoint dan LKS, Hasil belajar

Abstract

Subjects Construction is one of the subjects included into the program expertise Stone Concrete Construction Engineering (KBB) Vocational High School (SMK) State 7 Surabaya. One of the learning tools that enable students is powerpoint and worksheets media in the form of material and images, is expected to attract the attention of students so that students can be active in learning activities that allows students to interact with the material provided and student learning outcomes better. The research problems are: (1) What is the feasibility of learning with media powerpoint and worksheets. (2) How fulfilled learning with media powerpoint and worksheets. (3) How do the results of students' cognitive learning with media learning powerpoint and worksheets on the subjects of building construction.

This research method is a method of classroom action research (CAR) comprises two cycles of four phases: planning, implementation stage, the stage of observation and reflection stages. The subjects were students of class X SMK State 7 Surabaya KBB totaling 31 people. The research was conducted in the 2 nd half of April from 2015 to 2016. The data in this study is the feasibility of the learning device that is filled by a device, fulfilled observation activities of teachers and students as well as cognitive outcomes of student learning by learning to use the media powerpoint and worksheets.

The results showed the feasibility of using media learning tool powerpoint and worksheets obtain an average value of 80%, making the device suitable for use in learning activities. Observations fulfilled media learning using powerpoint and worksheets in the first cycle obtained by the average value of 36.5%. While on the second cycle obtained by the average value of 89.25 is included in both criteria. Observations fulfilled student learning activities with learning to use the media powerpoint and worksheets in the first cycle to get the average value of 31.75%. While on the second cycle obtained by the average value of 92.5% which is included in the criteria very well. Cognitive learning outcomes in the first cycle the number of students who otherwise completed 20 students and the number of students who otherwise did not complete 11 students with the highest value and the lowest value of 85 30 of 31 students. While on the second cycle the number of students who otherwise completed 30 students and the number of students who otherwise did not complete one student with the highest score of 100 and the lowest 65 out of 31 students.

Keywords: Learning to use the media powerpoint and worksheets, learning outcomes

Published
2016-06-27
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 35