HUBUNGAN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DAN MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • SUBKHAN ARI YANTO

Abstract

Menurut teori Gestalt dalam Slameto (2003:9) “belajar yang penting bukan mengulangi hal-hal yang harus dipelajari tetapi mengerti apa yang telah dipelajari”. Salah satu prinsip belajar menurut Gestalt adalah adanya transfer. Transfer yaitu pengaruh hasil belajar yang telah diperoleh pada waktu yang lalu terhadap proses belajar yang dilakukan kemudian. Hal ini menjadi dasar bahwa nilai atau hasil belajar yang diperoleh siswa merupakan bentuk dari pemahaman siswa pada mata pelajaran tertentu yang diajarkan sebelumnya. Berdasarkan konsep tersebut, maka dilakukan konsultasi dengan Kepala Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 7 Surabaya, dan hasilnya bahwa mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan merupakan mata pelajaran yang identik dengan jurusan TGB di SMK Negeri 7 Surabaya, sehingga perlu untuk dilakukan penelitian mengenai pengetahuan mata pelajaran yang diduga memiliki hubungan terhadap keberhasilan siswa dalam mendapatkan hasil belajar yang baik pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Mata pelajaran tersebut yaitu mata pelajaran Gambar Teknik dan mata pelajaran Konstruksi Bangunan.

Mata pelajaran Gambar Teknik mengajarkan bagaimana cara menggambar dengan benar. Sedangkan mata pelajaran Konstruksi Bangunan mengajarkan tentang struktur suatu bangunan serta pekerjaan proyek. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dengan sampel penelitian siswa SMK Negeri 7 Surabaya Jurusan TGB kelas XI (Sebelas) dan XII (Dua belas) Tahun Ajaran 2015/2016 yang telah menempuh mata pelajaran Gambar Teknik, mata pelajaran Konstruksi Bangunan, dan mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan yang berjumlah 55 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah program komputer SPSS versi 17.

Berdasarkan hasil penelitian, mata pelajaran Gambar Teknik dan mata pelajaran Konstruksi Bangunan mempunyai pengaruh sebesar 57,6% terhadap keberhasilan siswa dalam mendapatkan hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Hasil penelitian juga menunjukkan terjadi hubungan yang kuat antara mata pelajaran Gambar Teknik dan mata pelajaran Konstruksi Bangunan terhadap hasil belajar mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dengan nilai korelasi ganda (R) sebesar 0,759.

Kata Kunci : Gambar Teknik, Konstruksi Bangunan, Gambar Konstruksi Bangunan.

According to Gestalt theory in Slameto (2003: 9) "learning is important not to repeat the things that must be learned, but to understand what they have learned". One of the principles of learning by Gestalt is their transfer. Transfer that influence learning outcomes that have been acquired in the past to the learning process that ensued. This became the basis that the value or the learning results obtained by students is a form of understanding of students in certain subjects are taught before. From the base of the concept, it is done in consultation with the Head of Department of Architecture Engineering SMK Negeri 7 Surabaya, and the result is that the subjects Image Building is a subject identical to the majors TGB at SMK Negeri 7 Surabaya, so it is necessary to do research on subject knowledge suspected of having links to student success in getting a good learning outcomes in subjects Building Construction Fig.

These subjects are subjects and subjects Image Engineering Building Construction.

Drafting subjects taught how to draw properly. While the subjects taught Building Construction of the structure of a building as well as project work. This research is classified as quantitative research. Data were collected by using documentation method with a sample of students of SMK Negeri 7 Surabaya Programs TGB class XI (eleven) and XII (Twelve) Academic Year 2015/2016 that have taken subjects Image Engineering, Building Construction subjects, and subjects Image Building construction totaling 55 students. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Data analysis tool used was SPSS version 17.

Based on the results of the study, subjects and subjects Image Engineering Building Construction by 57.6% have influence on student success in getting the study on the subjects of Building Construction Fig. The results also showed that there was a strong relationship between subjects and subjects Image Engineering Building on the results of study subjects Image Building with a double correlation value (R) of 0.759.
Keywords: Image Engineering, Building Construction, Building Construction Fig.

Published
2016-07-15
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 106