PENERAPAN MODUL PADA KOMPETENSI DASAR (KD) MEMAHAMI MACAM-MACAM PONDASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI KEAHLIHAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI KUDU JOMBANG

  • ANDERIAS CHORNELIS LEMA

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membuat inovasi-inovasi baru selama proses belajar mengajar seperti penerapan modul pada kompetensi dasar (KD) memahami macam-macam pondasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI keahlihan teknik gambar bangunan di SMK Negeri Kudu Jombang. Berdasarkan hasil informasi dari guru SMK Negeri Kudu Jombang, menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang didapatkan kurang dipahami karena tidak adanya suatu perangkat pembelajaran yang memadai seperti media modul juga salah factor penyebab pembelajaran berlangsung kurang menarik dan membosankan sehingga mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan modul pada kompetensi dasar (KD) memahami macam-macam pondasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI keahlihan teknik gambar bangunan di SMK Negeri Kudu Jombang.

Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau biasa disebut Classroom Action Research (CAR) dikatakan PTK karena dilaksanakan didalam kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa. sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 2 di SMK Negeri Kudu Jombang semester gasal 2015/2016.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan modul pada kompetensi dasar (KD) memahami macam-macam pondasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI keahlihan teknik gambar bangunan di SMK Negeri Kudu Jombang tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 54.83% kemudian naik menjadi 83.87% pada siklus II,  pengamatan guru pada siklus I mencapai 1.28 dan meningkat siklus II mencapai 3.85 kategori sangat baik, dan pengamatan siswa pada siklus I mencapai 1.14 dan meningkat pada siklus II mencapai 3.92 kategori sangat baik.

Kata Kunci: Modul, Hasil Belajar.

One effort to improve the quality of education is to create new innovations during the learning process as the application modules on basic competence (KD) understand the various foundations to improve learning outcomes technical skills to class XI student in SMK building image Jombang Kudu. Based on the results of teachers SMK information Jombang Kudu, shows that student learning outcomes obtained are poorly understood because of the absence of an adequate learning devices such as media module is also one factor in the learning takes place less attractive and boring, resulting in learning outcomes to be low. The purpose of this study is to improve learning outcomes with application modules on basic competence (KD) understand the various foundations to improve learning outcomes technical skills to class XI student in SMK building image Jombang Kudu.

This study uses classroom action research (PTK) or so-called Classroom Action Research (CAR) said PTK because it was done in the classroom to determine student learning outcomes. goal of this research is a class XI student of SMK Negeri TGB 2 in Jombang Kudu odd semester 2015/2016.

The results of this study indicate that, the application modules on basic competence (KD) understand the various foundations to improve student learning outcomes XI class engineering skills to enter the building at SMK Negeri image Jombang Kudu 2015/2016 academic year can improve student learning outcomes, namely in the first cycle average -rata obtained was 54.83% and then rose to 83.87% in the second cycle, the observation of teachers in the first cycle reaches 1:28 and increased cycle II reached 3.85 very good category, and observations of students in the first cycle reaches 1:14 and the increase in cycle II reached 3.92 category of very good.

Keywords: Module, Learning Outcomes.

Published
2016-07-20
Abstract Views: 302
PDF Downloads: 245