PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN JENIS PONDASI YANG TEPAT UNTUK BANGUNAN SESUAI DENGAN JENIS TANAHNYA DI SMK NEGERI 1 KEMLAGI MOJOKERTO

  • MAY AYU LESTARI

Abstract

Kecenderungan menggunakan e-learning sebagai salah satu metode pembelajaran semakin meningkat sejalan dengan perkembangan dibidang teknologi informasi. Edmodo merupakan salah satu jenis Learning Management System yang sering digunakan saat ini. Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook untuk guru dan siswa dalam suatu ruang kelas, dengan interface yang menyerupai facebook yang merupakan media sosial popular, pengguna tidak akan merasa asing dalam penggunaanya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar menentukan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.

Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dengan model posttest-only control design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes ini digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan media edmodo. Sampel penelitian adalah kelas X TGB 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan X TGB 2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol, dan akan diberlakukan secara bergantian.

Hasil penelitian menunjukkan (1) pada posttest 1 kelas ekperimen 24% siswa tuntas berdasarkan standar kelulusan dengan nilai >75 dan pada kelas kontrol siswa yang tuntas sebesar 30% dan didapatkan hasil rata-rata pada kelas eksperimen dengan nilai 72,07 lebih besar dari hasil rata-rata pada kelas kontrol dengan nilai 63,70 dan (2) pada posttest 2 kelas ekperimen 39% siswa tuntas berdasarkan standar kelulusan dengan nilai >75 dan pada kelas kontrol siswa yang tuntas sebesar 11% dan didapatkan hasil rata-rata pada kelas eksperimen dengan nilai 71,86 lebih besar dari hasil rata-rata pada kelas kontrol dengan nilai 67,07. Sehingga pada kedua posttest tersebut menunjukkan hasil ketuntasan belajar siswa yang masih di bawah 50% dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari hasil nilai rata-rata kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar menentukan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.

Kata kunci: edmodo, media pembelajaran, hasil belajar

The tendency to use e-learning as a method of learning is increasing in line with developments in information technology. Edmodo is one type of a Learning Management System that is often used today. Edmodo is a social media platform that is often described as a facebook for teachers and students in a classroom, with an interface that resembles a facebook which is a popular social media, users will not feel strange in its use. The purpose of this study was to compare the outcomes of student learning using e-learning media-based learning model Edmodo directly to the basic competence determines the right type of foundation for the building in accordance with the type of soil in SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.

The method used was experimental design with models posttest-only control design. Data was collected using test. This test is used to obtain the value of student learning outcomes in learning using Edmodo media. Samples were class X TGB 1 totaling 32 students as an experimental class and X TGB 2 totaling 32 students as the control class, and will be applied interchangeably.

The results showed (1) the posttest 1 experimental class 24% of students completed graduation standard based on the value of> 75 and the control class students who completed at 30% and the average yield obtained in the experimental class with a value of 72.07 is greater than the result average class 63.70, and (2) in the second posttest experimental class 39% of students completed graduation standard based on the value of> 75 and the control class students who complete at 11% and the average yield obtained in the experimental class with a value of 71.86 is greater than the average yield of the control class with a value of 67.07. So that in the second posttest shows the results of completed graduation students still below in 50% and the average value of the experimental class is greater than the average value of the results of the control class and t <ttable (α = 0.05). It can be concluded that there was no significant difference in student learning outcomes using instructional media Edmodo e-learning-based learning model directly to the basic competence determines the right type of foundation for the building in accordance with the type of soil in SMK Negeri 1 Kemlagi.
Keywords: Edmodo, instructional media, learning outcomes

Published
2016-07-25
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 64