PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATA PELAJARAN TEKNIK STUDI SURVEI DAN PEMETAAN KELAS XI TSP DI SMKN 3 JOMBANG

  • EKO SRI WULANDARI

Abstract

Belajar merupakan satu proses untuk membangun dan menemukan jati diri dan dilaksanakan melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Dalam menjaring manusia yang kreatif sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka atau masalah open-ended. Masalah open-ended adalah pertanyaan yang memiliki solusi lebih dari satu. Pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan, masalah open-ended terdapat pada mata pelajaran teknik survei dan pemetaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan soal open-ended yang layak pada pokok bahasan menentukan azimuth, sudut β, jarak, dan koordinat suatu titik bidang studi survei dan pemetaan. (2) Mengetahui efek potensial soal epen-ended terhadap hasil tes siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Subyek penelitian adalah 32 siswa siswa kelas XI TSP SMKN 3 Jombang. Instrumen yang digunakan adalah soal open-ended dan lembar validasi soal. Semua data digunakan untuk mengetahui hasil tes siswa dan keberagaman solusi siswa terhadap soal open-ended yang dikembangkan.

Hasil menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan soal open-ended berdasarkan telaah para ahli mendapat rata-rata skor 3 artinya soal masuk kategori layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (2) Hasil rekapitulasi banyaknya solusi siswa, siswa mampu menyebutkan > 50% dari kunci jawaban. Hasil ketuntasan siswa > 75% yaitu 84% siswa. Berdasarkan hasil rekapitulasi banyaknya solusi siswa dan hasil ketuntasan siswa, soal open-ended memberi efek potensial yang positif bagi siswa.

Kata kunci: Soal Open-Ended, Survei dan Pemetaan, Penelitian Pengembangan

Learn to build and discover the identity and implemented through better teaching process that is active, creative, and fun. In attracting creative human should be use open questions or open ended problem. Open-ended problem is the questions which have more than one solution. At the Vocational High School level, open-ended problems on the lessons survey and mapping techniques.

The purpose of this research is to: (1) Produce of open-ended questions that deserves at the subject determine azimuth, the angle β, the distance, and the coordinates of a point of surveying and mapping fields of study. (2) Determine the potential effects open-ended questions to test students. This study refers to the development research. Subjects were 32 students of class XI TSP SMKN 3 Jombang. The instrument used is a matter of open-ended questions and validation sheet. All data used to determine students test results and the diversity of the student solutions to open-ended questions developed.

The results showed that: (1) The feasibility of open-ended questions based on the review of the experts got an average score of 3 means a matterin the category worthy for use in learning activities. (2) The recapitulation of solutions, students can exceed > 50% of the answer key. Results of student mastery of > 75% is 84% of students. Based on the recapitulation of solutions completeness of students and the results of the students, about the open-ended potential positive effects for students.

Keywords:             Open-Ended Questions, Survey and Mapping, Development Research

Published
2016-07-25
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 136