HUBUNGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSP PADA MATA PELAJARAN MELAKSANAKAN PEKERJAAN DASAR-DASAR SURVEI PEMETAAN DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • HENGKI FITRONI PRADANA

Abstract

Keberhasilan pembangunan pendidikan suatu negara merupakan elemen dasar dalam pembangunan nasional. Oleh karena itu materi maupun kompetensi yang diajarkan harus melihat pada kebutuhan yang digunakan dalam dunia kerja dan teknologi yang berkembang saat ini. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran melaksanakan pekerjaan dasar-dasar survei pemetaan.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Jombang. Sampel penelitian yaitu 35 orang siswa SMK Jurusan Teknik Survei Pemetaan. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Matematika sebagai variabel independen (X) dan Melaksanakan pekerjaan dasar-dasar teknik survei pemetaan sebagai variabel dependen (Y).

Hasil uji persyaratan hitungan analisis korelasi sederhana didapatkan hasil rhitung  = 0,234 < rtabel = 0,334 dengan siginifikasi taraf kesalahan 5%. Sedangkan interprestasi koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan tergolong rendah.  Hasil anailisis regresi linier sederhana Fhitung = 1,906 < Ftabel = 3,29 dengan taraf kesalahan 5%. Karena nilai Ftabel lebih besar dari nilai Fhitung maka H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi kesimpulannya bahwa tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara mata pelajaran matematika (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran melaksanakan pekerjaan dasar-dasar survei pemetaan (Y).

Kata kunci: Hubungan, Matematika, Melaksanakan Pekerjaan Dasar-dasar Teknik   Survei Pemetaan.

The success of a country’s education development is a basic element in national development. Therefore, material and competence that is taught must look at the needs that are used in the world of work and technology developed at this time. The purpose of this study is knowing how the relationship knowledge of mathematics courses to student learning outcomes in subject carrying out the work the basics of mapping survey.

This research was conducted at the SMKN 3 Jombang. The research sample is 35 students of SMK Engginering Surveying Mapping. The variables used in this study is Mathematics as an independent variable (X) and do the basics of mapping survey techniques as the dependent variable (Y).

The test results count the requirements of simple correlation analysis showed rcount = 0,234 < rtable = 0,334 with standard error signifikasi 5%. While the interpretation of the correlation coefficient show a connection is low. Results analysis simple linier regression of Fcount = 1,906 < Ftable = 3,29 with error level 5%. Because Ftable value greater than the value of Fcount then H0 is accepted and Ha rejected. So the conclusion there is no significant positive relationship between subject mathematics (X) on the results of study subject to do the basics of work mapping survey (Y).

Keywords: Relationship, Mathematics, Implement Employment Fundamentals of Engginering Surveying Mapping.

Published
2016-07-25
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 209