PENGARUH PENGETAHUAN FISIKA DAN MATEMATIKA TERHADAP PENGETAHUAN MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • LUTFI NUR HENDRA

Abstract

SMK terdiri dari berbagai program keahlian salah satunya adalah program keahlian teknik bangunan. Di dalam program keahlian ini, siswa dituntut harus dapat menguasai dan menerapkan materi dalam bidang keahlian teknik bangunan, salah satunya adalah ilmu mekanika teknik. Mekanika teknik merupakan ilmu yang mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Matematika merupakan ilmu berhitung sebagai sarana berfikir ilmiah yang sangat diperlukan untuk menambah kemampuan berfikir logis, sistematis dan kritis dalam diri peserta didik. Sedangkan fisika adalah ilmu yang mempelajari benda-benda, gejala-gejala, kejadian-kejadian alam serta interaksi dari benda-benda tersebut. Kedua mata pelajaran tersebut tentu sangat penting terkait hubungannya dengan ilmu mekanika teknik karena dapat menunjang hasil belajar yang lebih baik.

Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan data berbentuk angka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Surabaya yang telah menempuh mata pelajaran Fisika, Matematika, dan  Mekanika Teknik Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 104 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi linier berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah program komputer SPSS (Statistical  Package  for  Social  Sciences) versi 17.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pengetahuan Fisika terhadap pengetahuan Mekanika Teknik sebesar 77,3%. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan Matematika terhadap pengetahuan Mekanika Teknik sebesar 67,2%. Kedua mata pelajaran tersebut juga mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap pengetahuan mekanika teknik sebesar 79,5%. Sedangkan sisanya sebesar 20,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Kata kunci: Pengetahuan, Fisika, Mekanika Teknik.

Vocational skills program consists of a variety of one of them is the program of building engineering expertise. Within this membership program, students are required to be able to master and apply the material in the fields of engineering buildings, one of which is the science of engineering mechanics. Engineering mechanics is the study of structural behavior of the loads acting on it. Math is numerology as a means of scientific thinking which is indispensable to increase the ability of logical thinking, systematic and critical self-learners. While physics is the study of objects, phenomena, natural events and the interaction of these objects. Both of these subjects are very important course related to do with the mechanics of the technique because it can support better learning outcomes.

The study was classified as a quantitative research data approach shaped figure. The data collection is done by using the method of documentation. Subjects in this study all students of class X program engineering building drawings SMK Negeri 3 Surabaya who have exhausted the subjects of Physics, Mathematics, and Engineering Mechanics School Year 2014/2015, amounting to 104 students. Data analysis technique used is simple regression analysis and multiple linear regression analysis. Data analysis tool used is a computer program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) version 17.

Based on the results, there are significant knowledge of physics to the knowledge of Engineering Mechanics at 77.3%. The results also indicated there are significant knowledge of Mathematics to Engineering Mechanics knowledge of 67,2%. Both of these subjects also have influence together the knowledge of engineering mechanics of 79.5%. While the remaining 20.5% influenced or explained by other variables not included in this research model.

Keywords: Knowledge, Physics, Engineering Mechanics.

Published
2016-07-25
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 97