PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL MEMBUAT BAGIAN-BAGIAN KOMPONEN KUDA-KUDA KAYU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • NOVIKA AVIA RAHAYU MOCHTAR

Abstract

Siswa kurang memahami penjelasan dari gambar dan jobsheet dalam  melaksanakan praktikum membuat bagian-bagian komponen kuda- kuda kayu. Untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa dibutuhkan suatu perangkat yang dapat menggambarkan dan mengaplikasikan materi praktikum sehingga siswa dapat mudah memahami. Media tutorial menggunakan prezi merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dapat dikembangkan yang sesuai kompetensi dasar membuat bagian-bagian komponen kuda-kuda kayu dengan praktikium. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kelayakan media tutorial menggunakan prezi pada kompetensi dasar membuat bagian-bagian komponen kuda-kuda kayu (2) Mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan pengembangan media tutorial menggunakan prezi pada kompetensi dasar membuat bagian-bagian komponen kuda-kuda kayu. (3) Mengetahui hasil belajar siswa kelas X KKy SMK Negeri 2 Surabaya setelah penerapan pembelajaran menggunakan media tutorial menggunkan prezi pada kompetensi dasar membuat bagian-bagian komponen kuda-kuda kayu.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan menggunakan R&D (Research and Development). Subyek penelitiannya siswa kelas X-1 KKy SMK Negeri 2 Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif dan psikomotorik dengan melakukan praktik membuat bagian-bagian komponen kuda-kuda kayu. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar tes hasil pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah dokumentasi, validasi dan hasil belajar menggunakan hitungan deskriptif yang disajikan dalam bentuk diagram.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor kelayakan pengembangan media tutorial menggunakan prezi membuat bagian-bagian komponen kuda-kuda kayu berdasarkan telaah para ahli sebesar 84,53% yang termasuk dalam kategori sangat valid dan layak sehingga dapat digunakan untuk media pembelajaran.(2) keterlaksanaan proses pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP dan berdasarkan telaah para ahli sebesar 81% (3) nilai rata-rata hasil belajar setelah diberikan media tutorial menggunakan prezi yaitu dari nilai  kognitif sebesar 81,25 sedangkan nilai  psikomotorik sebesar 79,41 tuntas sesuai nilai KKM yaitu 75.

Kata Kunci: Prezi, Media Tutorial, Komponen kuda-kuda, Detail komponen kuda-kuda.

Students don’t understand the explanation of the image and jobsheet in carrying out practical work. In order to enhance students understanding requires a device that can describe and apply the material lab so that students can easily understand. Media tutorial using prezi  is a learning device that can be developed appropriate basic competencies to make the component parts of the wooden trusses with practice. The purpose of this study are: (1) determine the feasibility media tutorial using prezi are used as a medium of learning in the science of building materials, (2) knowing the enforceability of the learning process with the development of media tutorial using prezi to basic competence to make part of the component parts of the wood, (3) knowing the results of class X students of SMK Negeri 2 Surabaya KKy after learning application using media of prezi.

The experiment, which is a R&D (Research and Development ) . Subjects of the study were students of class X - 1 KKY SMK Negeri 2 Surabaya totaling 36 students . Data collection techniques used are cognitif and psychomotor with make a parts of strusses component for practice. The instruments used were sheets and sheets validation test observations . The analysis technique used is the documentation, validation and learning outcomes with deskriptif’s calculate which showed on a diagram.

The results showed that : ( 1 ) score feasibility of developing a media tutorial using Prezi based of examine the experts of 84.53 % is included in the category of very valid and worthy so that it can be used to study media . ( 2 ) adherence to the learning process performing well in accordance with the RPP and based of examine the experts of 81% ( 3 ) the avarage scores after implementation the tutorial’s media using prezi, based of a cognitif;s skill is 81,25, besides that based psychomotor’s skill is 79,41 both of them pass from the min score (KKM) is 75.

Keywords: Prezi , Media Tutorial , Part strusses , Strusses component detail

Published
2016-07-25
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 26