PENERAPAN INSTRUMEN LEMBAR PEDOMAN PENILAIAN SOAL PRAKTIK (PPsP) UNTUK MENGUKUR PRODUK GAMBAR AUTOCAD SISWA SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • RISKI WOYOSUTRISNO

Abstract

SMK memerlukan penilaian produk belajar. Produk belajar yang dituntut di SMK adalah kompetensi dasar pada masing-masing bidang keahlian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil produk gambar siswa pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak. Mengacu pada BSNP, pedoman yang digunakan adalah Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsP). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil produk gambar AutoCAD siswa di SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan menerapkan Instrumen Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsP).

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Sampel penelitian yaitu 65 siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Pedoman Penilaian Soal Penilaian (PPsP) dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah Penerapan Instrumen Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsP) untuk menilai hasil belajar gambar AutoCAD siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sidoarjo pada Jurusan Teknik Gambar Bangunan diketahui secara keseluruhan terdapat 56,92% siswa lulus dan 43,08% tidak lulus. Rata-rata nilai hasil produk gambar siswa adalah 6,95. Dibandingkan nilai KKM kriteria minimal Bimtek (2008:28), yaitu 7,00 dapat diartikan bahwa nilai rata-rata siswa berada dibawah nilai kriteria KKM . Persentase tertinggi untuk ketidak lulusan siswa terdapat pada subkomponen gambar potongan memanjang, yaitu sebesar 30,76% kemudian diikuti subkomponen gambar potongan melintang yaitu sebesar 23,07%.

Kata Kunci: Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsP), Menggambar Dengan Perangkat Lunak.

Vocational high school (SMK) requires product assessment study. Products are prosecuted in vocational learning is a basic competence in their respective areas of expertise. The instrument used to measure the results of shop drawing product of students on subjects draw with the software. Referring to the National Education Standards (BSNP), guidelines used is Problem Assessment Practice Guidelines (PPsP). The purpose of this study was to determine how the results of student shop drawing products at SMK Negeri 1 Sidoarjo by applying the Instrument Problem Practice Guidelines for Assessment Sheets (PPsP).

This research was conducted at SMK Negeri 1 Sidoarjo. The research sample is 65 students of class XI Department of Architecture Engineering. Data were collected using instruments Assessment Guidelines Problem Assessment (PPsP) and using quantitative descriptive analysis with percentage techniques.

The results obtained are Implementation Guidelines for Assessment Instrument Problem Practice (PPsP) to assess learning outcomes AutoCAD drawing class XI student at SMK Negeri 1 Sidoarjo at the Building Drawing Techniqu,  there are entirely known 56.92% students passed and 43.08% students not pass . The average value of the shop drawing product of students was 6.95.The average student is under KKM criteria (Bimtek (2008:28)) 7.00. The highest percentage for a non graduate students contained in the subcomponents long sectional drawing, is amount 30.76%, followed subcomponents cross sectional drawing is 23.07%.

Keywords: Problem Assessment Practice Guidelines (PPsP), Drawing With Software.

Published
2016-07-26
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 110