HUBUNGAN HASIL BELAJAR MEKANIKA REKAYASA I DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA REKAYASA II DENGAN HASIL BELAJAR MEKANIKA REKAYASA III PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PTB JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • SHOHIBUL ILMI

Abstract

Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisa struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Mata kuliah Mekanika Rekayasa I, Mekanika Rekayasa II dan Mekanika Rekayasa III merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 PTB Jurusan Teknik Sipil  FT Unesa. Keberhasilan mahasiswa dalam Mekanika Rekayasa III salah satunya dipengaruhi oleh hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Rekayasa I dan Mekanika Rekayasa II.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan pendekatan data berbentuk kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 Program Studi S1 PTB Jurusan Teknik Sipil FT Unesa yang telah memprogram matakuliah Mekanika Rekayasa I dan Mekanika Rekayasa II tahun ajaran 2013-2104 serta Mekanika Rekayasa III tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 46 Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi. Alat analisis data yang digunakan adalah program komputer SPSS (Statistical  Package  for  Social  Sciences) versi 17.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang kuat antara hasil belajar Mekanik Rekayasa I dan hasil belajar Mekanika Rekayasa II terhadap hasil belajar Mekanika Rekayasa III. Hasil belajar Mekanika Rekayasa I mempunyai hubungan yang positif dengan tingkat hubungan sedang terhadap hasil belajar Mekanika Rekayasa III sebesar 57,5%. Hasil belajar Mekanika Rekayasa II mempunyai hubungan yang positif dengan tingkat hubungan kuat terhadap hasil belajar Mekanika Rekayasa III sebesar 77,8%. Kedua mata kuliah tersebut mempunyai hubungan kuat terhadap hasil belajar Mekanika Rekayasa III sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya sebesar 39,4% dipengaruhi oleh faktor lain salah satu diantaranya adalah metode pembelajaran..

Kata kunci: Mekanika Rekayasa I, Mekanika Rekayasa II, Mekanika Rekayasa III.

Mechanics technique also known as mechanical engineering or structural analysis is a science major learned in civil engineering. The main staple of science is to study the structural behavior of the loads acting on it. Courses Engineering Mechanics I, Mechanics II Engineering and Engineering Mechanics III is a compulsory subject for students S1 PTB Department of Civil Engineering FT Unesa. The success of students in Engineering Mechanics III is influenced by the results of student learning in subjects Engineering Mechanics Engineering Mechanics I and II.

This research is classified as descriptive research with quantitative approach shaped data. Data collection was performed using the method of documentation. The subjects were students of class 2013 Program S1 PTB Department of Civil Engineering FT Unesa who has programmed course Engineering Mechanics Engineering Mechanics I and II of the school year 2013-2104 and Engineering Mechanics III 2014-2015 school year totaling 46 students. Data analysis technique used is the correlation analysis. Data analysis tool used is a computer program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) version 17.

Based on this research, there is a strong relationship between the learning outcomes of Mechanical Engineering I and Engineering Mechanics II study results of the learning outcomes of Engineering Mechanics III. Engineering Mechanics learning outcomes I have a positive relationship with the level of relationship is on learning outcomes Engineering Mechanics III of 57,5%. Engineering Mechanics II study results has a positive relationship with the level of a strong relationship to the learning outcomes Engineering Mechanics III amounted to 77,8%. Both of these courses have a strong relationship to the learning outcomes Engineering Mechanics III of 60,6%. While the remaining 39,4% is influenced by other factors one of which is a method of learning.

Keywords: Engineering Mechanics I, Engineering Mechanics II, Engineering  Mechanics III.

Published
2016-07-26
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 105