PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB 1 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA DIKLAT ILMU BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • AMIN WASKITO AJI SUNTORO

Abstract

Pendidikan yang baik bergantung pada proses pembelajaran yang terlaksana. Berdasarkan survey awal, permasalahan yang terjadi di kelas X Teknik Gambar Bangunan I (TGB I) antara lain kecenderungan siswa dalam menguasai materi pelajaran tertentu yang beragam, kondisi kelas yang kurang kondusif, metode pembelajaran yang dipakai guru bersifat konvensional, guru kurang memberikan motivasi atau daya tarik dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu kiranya untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X TGB I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata diklat ilmu bangunan, untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengajar guru dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata diklat ilmu bangunan, dan untuk mengetahui peningkatan kegiatan belajar siswa kelas X TGB I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata diklat ilmu bangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang  dilakukan di SMK Negeri 3 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB I SMK Negeri 3 Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Tes Hasil Belajar, Lembar Pengamatan Kegiatan Mengajar Guru dan Lembar Pengamatan Kegiatan Belajar Siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X TGB I dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata diklat ilmu bangunan pada tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang hasil belajarnya tuntas sebanyak 19 siswa atau sebesar 59,4% dan meningkat pada siklus II sebanyak 27 siswa atau sebesar 84,4%. Kemampuan mengajar guru meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,45 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 3,35 dengan kategori baik. Kegiatan belajar siswa juga meningkat tiap siklusnya, pada siklus I pengamatan memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,83 dengan kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 3,13 dengan kategori baik.

Kata Kunci : Numbered Head Together, Pembelajaran Kooperatif, Ilmu Bangunan.

A good education is dependent on the learning processed. Based on the survey, problems that happened in class X TGB I among others the tendency of the students in the control of certain subjects that vary the condition class that less conducive, learning methods that teachers use are conventional, teachers less provides the motivation or the appeal in the teaching and learning process. Based on these problems and may need to apply the model of cooperative learning as one of the efforts to improve the results of student learning. The purpose of this research is to know the improvement of student learning outcomes  of class X TGB I with  cooperative learning model type Numbered Head Together (NHT) on the science buildings learning, to know the improvement of teaching capability of the teacher with NHT cooperative learning model on the science buildings learning, and to know the improvement of learning activities the students of class X TGB I with NHT cooperative learning model on the science building learning. 

The type of the research is used class action research (PTK) performed in SMKN 3 Surabaya. The subject of this research is the students of class X TGB I SMKN 3 Surabaya. The data collected using the results of the test instrument Learn, Observation Sheet teaching activities and students learning activities observation sheet.

The research results obtained is there was an increase in student grade X TGB I with NHT cooperative learning model on the science building learning in every cycles. At cycle I students who completed school results as much as 19 students or of 59,4% and increased at cycle II as much as 27 students or of 84.4%.  Teaching capabilities is also increased on each, at cycle I get the value by an average of 2.45 with enough category and increased at cycle II became 3.35 with good category. Students learning activities also increased in every cycles, at cycle I observation obtain the value by an average of 1.83 with less categories and increased at cycle II became 3.13 with good category.

Key Words : Numbered Head Together, Cooperative Learning, Science Building Learning.

Published
2016-07-27
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 32