RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA KURIKULUM 2013 TERHADAP KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI KONSULTAN PERENCANA

  • FAJAR MAULANA

Abstract

Pendidikan kejuruan dituntut untuk mampu selaras dengan perkembangan dalam dunia usaha dan industri. Oleh karena itu kompetensi yang diajarkan harus melihat pada realitas kebutuhan masyarakat dan teknologi yang berkembang saat ini. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menemukan tingkat relevansi antara Kompetensi Dasar pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas XI SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan dengan kebutuhan tenaga kerja di kantor konsultan perencana, (2) Menemukan materi yang perlu ditambahkan agar kualitas dari siswa lulusan SMK dapat memenuhi kualifikasi di dunia kerja.

Penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya dengan sasaran kantor konsultan perencanaan bangunan. Sebagai subjek penelitian adalah 30 orang lulusan SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan yang bekerja sebagai drafter di kantor konsultan perencana. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dan dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kompetensi Dasar yang terdapat dalam Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas XI SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan 38,89% relevan dan 61,11% kurang relevan dengan kebutuhan kerja di kantor konsultan perencana. (2) Usulan untuk materi yang perlu ditambahkan pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Kelas XI SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan yaitu 53,57% untuk materi tentang media perangkat lunak untuk menggambar tiga dimensi, 17,85% untuk materi mencetak gambar, 14,28% untuk materi gambar instalasi listrik, 10,71% untuk materi gambar saluran atau drainase, dan 3,57% untuk gambar pipa air bersih dan air limbah

Kata Kunci: Relevansi, Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan, Kurikulun 2013, Konsultan Perencana.

Vocational education is required to be able in line with developments in the world of bussines and industry. Therefore competencies taught must look at the reality of people’s need and the technology developed at this time. The purpose of this study are: (1) Find the degree of relevance between the Basic Competence at Building Drawing Engineering Skill Package for XI grade Vocational High School Building Drawing Engineering Department with the labor needs in the planning consultant office, (2) Finding material that needs to be added that the quality of Vocational High School graduates to qualify in the world of work.

This research conducted in Surabaya with target planning consultant office. Subject of the study were 30 graduates of Vocational High School Building Drawing Engineering Department who worked as a drafter at planning consultant office. Data was collected using questionnaires and use descriptive analysis.

The results obtained are: (1) Basic competence that contained in Building Drawing Engineering Skills Package of the XI grade Vocational High School Building Drawing Engineering Department 38,89% relevant and 61,11% is less relevant with planning consultants office employment needs. (2) Suggestions for material that needs to be added to the Building Sketch Engineering Skills Package of the XI grade Vocational High School Building Drawing Engineering Department is 53,57% for the three dimensional drawing software materials, 17,85% for the material to print pictures, 14,28% for the electrical instalation drawing materials, 10,71% for drainage channels drawing materials, and 3,57% for water pipes and waste water drawing materials.

Keywords: Relevance, Building Drawing Engineering Skill Package, Curriculum 2013, planning consultant office.

Published
2016-07-27
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 196