HUBUNGAN PENGETAHUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DENGAN PENGETAHUAN MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • AHMAD HADI FATCHUR ROCHMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan menghitung volume bangun ruang dengan pengetahuan menghitung volume jenis pekerjaan pada rencana anggaran biaya siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bojonegoro.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan rincian sampel adalah siswa kelas XII TGB sebanyak 63 siswa (2 kelas) dan TKBB sebanyak 28 siswa (1 kelas). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana (Bivariate Correlation).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: korelasi antara kompetensi dasar menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang dengan kompetensi dasar menghitung volume jenis pekerjaan pada  rencana anggaran biaya dengan signifikansi pada taraf kesalahan 5% yaitu: (1). Kelas TGB I sebesar 0,301 dan didapat rtabel 0,349 maka ( rhitung  = 0,301 < rtabel = 0,349) artinya tergolong korelasi rendah. (2) Kelas TGB II sebesar 0,102 dan didapat rtabel 0,355 maka ( rhitung  = 0,102 < rtabel = 0,355) artinya tergolong korelasi sangat rendah. (3) Kelas TKBB sebesar 0,062 dan didapat rtabel 0,381 maka ( rhitung  = 0,062 < rtabel = 0,381) artinya tergolong korelasi sangat rendah. (4) Kelas gabungan TGB dan TKBB sebesar 0,585 dan didapat rtabel 0,207 maka ( rhitung  = 0,585 > rtabel = 0,207) artinya tergolong sedang.

Kata kunci :       Menghitung Luas bangun datar dan volume bangun ruang, dan menghitung volume jenis pekerjaan pada rencana anggaran biaya (RAB).

This study aims to determine the relationship of knowledge to calculate the volume geometry with knowledge calculate the volume type of work on the budget plan the class XII students of SMK Negeri 2 Bojonegoro.

This research is research quantitative descriptive correlative is implemented in the second semester of the 2015/2016 academic year. The population in this study were students of class XII Building Engineering Department of SMK Negeri 2 Bojonegoro with the details of the sample are students of class XII TGB as many as 63 students (2 classes) and TKBB as many as 28 students (one class). Data analysis technique used in this study is a simple correlation analysis (bivariate correlation).

The results showed that: the correlation between basic competences use principles Flat and space with the basic competencies calculate the volume type of work on a budget plan with statistical significance level of 5% error: (1). TGB class I at 0.301 and 0.349, the obtained rtabel (rhitung = 0.301 <rtabel = 0.349) means that relatively low correlation. (2) Class II TGB at 0.102 and 0.355, the obtained rtabel (rhitung = 0.102 <rtabel = 0.355) means that relatively very low correlation. (3) Class TKBB  0.062 and 0.381, the obtained rtabel (rhitung = 0.062 <rtabel = 0.381) means that relatively very low correlation. (4) the combined Class TGB and TKBB at 0.585 and 0.207, the obtained rtabel (rhitung = 0.585> rtabel = 0.207) means moderate at 0.062 and 0.381, the obtained rtabel (rhitung = 0.062 <rtabel = 0.381) means that relatively very low correlation. (4) the combined Class TGB and TKBB at 0.585 and 0.207, the obtained rtabel (rhitung = 0.585> rtabel = 0.207) means moderate.

Keywords: Calculating Size Flat geometry and volume, and calculate the volume of this type of work on a budget plan (RAB).

Published
2016-07-28
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 152