HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON DI SMKN 7 SURABAYA TAHUN AJARAN 2015-2016

  • ARDIYAN WICAKSONO

Abstract

Untuk menguasai suatu pengetahuan atau materi baru perlu adanya pengalaman terhadap materi lampau yang berkaitan dengan materi tersebut sehingga penguasaan materi pelajaran yang saling berkaitan satu dengan yang lain merupakan faktor penentu dalam memperoleh prestasi belajar yang memuaskan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar mata pelajaran matematika dan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi beton di SMKN 7 Surabaya tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Subjeknya siswa kelas XI Teknik Konstruksi Beton sejumlah 26 siswa. Data diambil menggunakan metode dokumentasi. Pengujian data menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda, setelah sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara hasil belajar mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar mata pelajaran konstruksi beton, hal itu dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,962 > rtabel 0,261. (2) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik terhadap hasil belajar mata pelajaran konstruksi beton, sebesar 0,975 > rtabel 0,261. (3)Terdapat hubungan yang sangat kuat antara hasil belajar mata pelajaran matematika dan mata pelajaran mekanika teknik secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran konstruksi beton, hal itu dibuktikan dari table dimana nilai R2 (R Square) sebesar 0,956.

Kata kunci : Pengalaman belajar masa lampau, Hasil Belajar, Hubungan Mata Pelajaran

To master knowledge or new material need their past experience of the material relating to such material so that mastery of the subject matter are interrelated to one another is a decisive factor in obtaining satisfactory academic achievement.

This study aims to determine the relationship of learning outcomes of the mathematics and the learning outcomes of engineering mechanics subject to the learning outcomes of students in the subjects of concrete construction in SMKN 7 Surabaya 2015-2016 school year. This research is quantitative. The subject class XI Mechanical Construction Concrete number of 26 students. The data was taken using the method of documentation. The test data using a simple correlation analysis and multiple correlation analysis, having previously tested the requirement that the normality test using Kolmogorov-Smirnov test.

The results showed that: (1) There is a very strong relationship between learning outcomes of the mathematics courses on learning outcomes subjects concrete construction, it is proved by the correlation coefficient of 0.962> 0.261 rtabel. (2) There is a very strong relationship between the results of engineering mechanics study subjects on the results of study subjects concrete construction, amounting to 0.975> 0.261 rtabel. (3) There is a very strong relationship between the results of learning mathematics and engineering mechanics subjects together on learning outcomes subjects concrete construction, it is evident from the table where the value of R2 (R Square) of 0.956.

Keywords : The learning experience of the past , Learning Results , Relationships Subject

Published
2016-07-28
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 126