PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION GETTING ANSWER PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI KAYU DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • WAHYU HIDAYAT

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Giving question Getting Answer. Latar belakang penelitian ini dilihat dari kondisi lapangan di SMK Negeri 3 Jombang yang sebagian masih menggunakan model pembelajaran konvensioanl atau ceramah dan pemberian tugas yang terkadang tidak menarik siswa, sehingga saat evaluasi setelah materi disampaikan hasil belajar yang diperoleh sebagian siswa nilainya dibawah kriteria ketuntasan materi (KKM) yaitu 75. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKK SMK Negeri 3 Jombang, dengan sampel penelitian adalah kelas X TKK SMK Negeri 3 Jombang sehingga penelitian ini dapat dikatakan menggunakan sampel jenuh, juga mempunyai jumlah sebanyak 32 siswa dalam satu kelas. Metode pengumpulan data yaitu penilaian sikap perilaku berkarakter dan penilaian  sikap sosial (Afektif), serta tes pengetahuan (Kognitif). Hasil uji persyaratan perhitungan normalitas didapatkan chi hitung = 10,52 dan chi tabel = 11,07, dengan chi hitung = 10,52 < chi tabel = 11,07 maka disimpulkan sampel berdistribusi normal. Hasil analisis data untuk hasil belajar didapatkan rata-rata nilai siswa adalah 84,53. Hasil uji-t diketahu nilai thitung 3,92 selanjutnya dibedakan dengan nilai ttabel 1,695 dengan taraf kesalahan α = 5%. Karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3.92 > 1,695), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya, bahwa hasil belajar siswa kelas X TKK SMK Negeri 3 Jombang setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Giving Question Getting Answer lebih besar atau sama dengan KKM (75). Hal ini disebabkan karena nilai hasil belajar siswa ranah kognitif mendapat ketuntasan 100%.

Kata Kunci: hasil belajar, Giving Question Getting Answer.

This study was a research experiment. The purpose of this study was to determine student learning outcomes after using cooperative learning model Giving Getting Question Answer. The research background is seen from the condition of the field at SMK Negeri 3 Jombang are still largely using model conventional or lectures and giving assignments that sometimes does not attract students , so that when the evaluation after the material delivered learning results obtained are not satisfactory and value under the criteria of completeness material (KKM ) is 75. The population in this study were students of class X SMK Negeri 3 Jombang TKK , the sample is a class X SMK TKK Jombang so this study is using saturated sample with total of 32 students in a class. The methods of data collection that is characterized by behavioral attitude assessment and social attitudes assessment (affective) , as well as knowledge tests (Cognitive). The result of  normality calculation requirements obtained chi count = 10.52  and chi table = 11.07 , with chi count = 10.52 < chi table = 11.07 then concluded the sample is normal distribution. The results of data analysis to learning outcomes obtained an average score of students was 84.53. T-test results are known tcount 3.92 t-table further distinguished by the value of 1.695 with a standard error α = 5 %. Because tcount greater than the value ttable (3.92 > 1.695), then Ho is rejected and Ha accepted. So in conclusion, that the results of class X student of SMK Negeri TKK 3 Jombang after the implementation of cooperative learning Getting Answers Question Giving greater than or equal to KKM (75). That is because the value of student learning outcomes cognitive gets 100% completeness.

Keywords: learning outcomes, Giving  Question Getting Answer.

Published
2016-07-28
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 31