PENGEMBANGAN PENILAIAN KETERAMPILAN PRAKTIK KAYU PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • AGUNG SUGIARTO

Abstract

Kemajuan zaman saat ini banyak terjadi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang cukup pesat, yang membawa banyak perubahan bagi semua aspek kehidupan manusia, yang membawa setiap manusia ke dalam persaingan global yang ketat. Permasalahan yang sering muncul, bangsa ini harus mampu berperan aktif untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Berdasarkan studi pendahuluan dilapangan diperoleh beberapa temuan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan pada instrumen penilaian keterampilan praktik kayu. Berdasarkan analisis terdapat instrumen penilaian keterampilan pada praktik kayu terdiri atas tes subyektif dan tes untuk produk. Pada produk kerja mahasiswa berpengaruh pada pemberian nilai terhadap hasil kerja mahasiswa sehingga penilaian menjadi semakin subyektif dan dapat pula dipandang sebagai prosedur pengumpulan sampel perilaku yang akan dikenai nilai kuantitatif. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang diatas, penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana kelayakan penilaian keterampilan praktik kayu pada mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya?

Penelitian ini merupakan penelitian penilaian terhadap hasil Soedijanto dalam Supartini (2008) mendefinisikan hasil belajar sebagai tingkat penguasaan yang dicapai dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dengan  kata lain, belajar merupakan perubahan dalam disposisi atau kapabilitas manusia selama periode waktu tertentu yang disebabkan oleh proses perubahan, belajar adalah proses penerimaan, pengorganisasian dan penginterpretasian mahasiswa terhadap hasil belajar sebagai alat untuk mengadakan perbaikan dalam pengajaran, memperkuat  motivasi  belajar  mahasiswa, memperbesar pemahaman diri mahasiswa, dan menyediakan umpan balik tentang efektifitas pengajaran. Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk memperoleh   penilaian   persepsi terhadap hasil  belajar  pada mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya

Penelitian ini menghasilkan suatu penilaian yaitu penilaian kemampuan ini berupa penilaian psikomotorik atau disebut juga penilaian unjuk kerja. Berikut kesimpulan dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa: Kelayakan suatu penilaian psikomotorik diukur dari besarnya validitas, reliabilitas. Diperoleh hasil dari penilaian dari tim ahli validasi tampang sebesar 88,46%, validasi materi sebesar 78,57%, validasi bahasa sebesar 85,19 %, validasi daya tarik sebesar 92,31%, Dari hasil validasi materi instrumen penilaian psikomotorik termasuk kriteria sangat valid sehinga instrumen dari segi materi dapat digunakan.

Kata  Kunci: Pengembangan  Istrumen  Penilaian,  Hasil     Kerja  Praktik  Kayu,  Keterampilan Konstruksi Kayu, Dan Metode Penelitian Menggunakan Metode R&D.

Abstract

Progress times today many developments in technology and science quite rapidly, which brought many changes to all aspects of human life, which bring every man into global competition. Problems often arise, these people should be able to play an active role to resolve any problems  that exist. Based on preliminary field studies obtained some findings that there are still some weaknesses in the practical skills assessment instrument timber. Based on the analysis contained in the skills assessment instrument consisting of a wooden practice subjective test and tests for the product. In the student work products affect the grading of the student work and assessments become more subjective and can also be viewed as a procedure of collecting samples of behavior will be subject to a quantitative value. Based on the description that has been noted in the background above, this study can be formulated as follows: How feasibility assessment wooden practice skills in students Prodi S1 Technical Education Building Department of Civil  Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya?

This study is an assessment of the results Soedijanto in Supartini (2008) defines learning outcomes as a mastery level achieved in following the teaching and learning program in accordance with the educational goals that have been set. In other words, learning is a change in  the disposition or human capability during a certain period of time due to the process of change, learning is the process of receiving, organizing and interpreting students' learning outcomes as a means to effect improvements in teaching, strengthen the motivation of student learning, increase the self-understanding students, and provide feedback on the effectiveness of teaching. The  purpose of this research is to gain perceptions of learning outcomes in students of the Faculty of Engineering Department of Civil Engineering, State University of Surabaya.

This research resulted in an assessment that this capability assessment in the form of assessment of psychomotor or also called performance assessment. Following the conclusion of  the research results. Based on the above results it can be concluded that: Feasibility of a measured psychomotor assessment of the magnitude of the validity, reliability. Obtained results of the assessment of the validation team of experts looks for 88.46%, 78.57% for material validation, validation of language by 85.19%, validating the attractiveness of 92.31%, From the material validation criteria included assessment instruments psychomotor very valid in terms of material so that the instrument can be used..

Kata Kunci: Assessment Instrument Development, Job Training Results Wood, Wood Construction Skills, And Methods Using Method R & D

Published
2016-08-15
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 65