Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Media Flash Player Antara Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dan Pembelajaran Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Konstruksi Tangga Di SMKN 1 KEDIRI

  • YUDA JANUARDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran dengan menerapkan media flash player menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajran saintifik pada materi pelajaran menggambar konstruksi tangga. Permasalahan yang ada di SMKN 1 kediri disebabkan siswa yang kurang aktif dalam kelompok belajar dan belum maksimalnya pelaksanaan pembelajaran kelompok di kelas membuat kurang interaktif dalam pembelajaran di kelas. Penggunaan media flash player dan pembelajaran TAI bertujuan agar dalam pembelajaran siswa lebih aktif dalam kelompok belajar dan pengawasan guru lebih intensif pada kelompok belajar .

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian posttest only control group. Untuk mengetahui kesamaan kedua kelas sebagai persyaratan harus sama menggunakan analisis nilai hasil belajar pada materi sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar di setiap akhir pembelajaran pada pertemuan ke I dan ke II kelas XI GB 1 dan XI GB 2 di SMK Negeri 1 Kediri. Untuk menganalisis perbedaan nilai tes hasil belajar pada penelitian ini menggunakan uji t dan dihitung menggunakan program IBM SPSS Statistics 18.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan rata – rata nilai tes hasil belajar kelas XI GB 1 sebagai eksperimen sebesar 82,3 dan kelas XI GB 2 sebagai kelas kontrol sebesar 78.4 sehingga dapat dikatakan baik karena nilai yang dihasilkan diatas nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapka di SMKN 1 Kediri yaitu 75 dan juga nilai yang dihasilkan dalam penelitian diatas rata-rata nilai pada materi sebelumnya kelas XI GB 1 sebesar 73,47 dan kelas XI GB 2 74,70. Terjadi perbedaan nilai yang siginifikan pada hasil belajar siswa antara  model pembelajaran  TAI dan dan  pembelajaran pendekatan  saintifik berdasarkan perhitungan uji t didap atkan nilai Nilai thitung > ttabel (2,904 > 2,002)  dan taraf signifikansi < 0,05 (0,012 < 0,05) maka H1 diterima H0 ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Konstruksi tangga. perbedaan hasil belajar disebabkan dalam pembelajaran TAI  guru lebih aktif dalam memberikan bimbingan  terhadap kelompok belajar dan siswa lebih interaktif dalam pembelajaran kelompok dikelas dibanding pembelajaran pendekatan saintifik yang diterapkan kurang maksimal.

Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Flash Player, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa

This study aims to determine differences in learning result by applying flash media player using teaching methods Team Assisted Individualization (TAI) with a model of scientific pembelajran on the subject matter to draw a construction ladder. The problems existing in SMK 1 kediri due to students who are less active in study groups and not maximal implementation of group learning in the classroom to make less interactive in the classroom. The use of flash media player and learning TAI aims to make student learning more active in study groups and more intensive supervision of teachers in the study groups.

The research method used is the method of experimental research, the types of research posttest only control group. To determine the similarity of both classes must be the same as the requirements to use the analysis of the value of learning result in the previous material. Collecting data in this study were obtained through achievement test at the end of each lesson at the meeting to first and Second class XI and XI GB 1 GB 2 in SMK Negeri 1 Kediri. To analyze the differences in the test scores learning result in this study using the t test and calculated using IBM SPSS Statistics 18 program.

Research results show that, found the average grade achievement test class XI GB 1 as an experiment is 82.3 and for class XI GB 2 as the control class is 78.4 so it can be said to be good because the resulting value above its minimum completeness criteria specified in SMKN 1 Kediri is 75 and also the value produced in the research above average scores on previous material GB 1 class XI of 73.47 and GB 2 class XI of 74.70. There is a difference significant values on student learning result between TAI and learning model and learning the scientific approach is based on the calculation of the t test obtained value t> t table (2.904> 2.002) and a significance level of <0.05 (0.012 <0.05) then H1 accepted and H0 rejected. Accordingly, cooperative learning model type TAI effect on student learning result in Construction stairs material. differences in learning result in learning TAI teachers more active in providing guidance to study groups and students a more interactive learning rather than learning class group applied scientific approach less than the maximum.

Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), Flash Player, Saintifik Approach, Student Result

Published
2016-08-16
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 19