PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR PORTAL PADA MATERI MENGGAMBAR RENCANA KOLOM DAN BALOK BETON BERTULANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TGB

  • MOCHAMAD RAJIB ANNAZARI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa terhadap penggunaan media miniatur portal dengan materi menggambar rencana kolom dan balok beton bertulang.

Metode penelitian menggunakan quasi experimental design dengan menggunakan rancangan model post-test only control group design. Subyek penelitian adalah kelas XI TGB 1 dan XI TGB 2, semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMK Negeri 3 Jombang. Teknik pengumpulan data adalah validasi perangkat pembelajaran, validasi media pembelajaran, tes tulis dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi kelayakan perangkat pembelajaran, analisis hasil belajar siswa dan analisis respon siswa.

Penggunaan media pembelajaran miniatur portal meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menggambar rencana kolom dan balok beton bertulang. Kelas XI TGB 1 dari nilai rata-rata 77,78 menjadi 79,17 meningkat 1,39% pada materi kolom dan nilai rata-rata 80,42 menjadi 81,39 meningkat 0,97% pada materi balok. Kelas XI TGB 2 dari nilai rata-rata 75,47 menjadi 82,03 meningkat 6,56% pada materi kolom dan dari nilai rata-rata 77,66 menjadi 84,06 meningkat 6,41% pada materi balok.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Respon Siswa

Research objectives are to determine learning outcome and response student to use of miniature media portal with drawing plan girder reinforced concrete and column subject.

The research of method is use quasi experimental design with using plan of mode post-test only control group design. The research of subject are XI TGB 1 and XI TGB 2 class, second semester of academic year 2015/2016 at SMK Negeri 3 Jombang. The technical of research accumulation data is learning equipment  validation, validation of learning media, written test and questionnaires. The technical of research analyze data use validation learning, analysis of student learning result and student response analysis.

Application of miniature media portal learning could improve student learning result drawing plan girder reinforced concrete and column subject. Class XI TGB 1 average value from 77.78 to 79.17 increased 1.39% on a column subject and average value from 80.42 to 81.39 increased 0.97%  on the beam subject. Class XI TGB 2 average value from 75.47 to 82.03 increased 6,56% on a column subject and average value from 77,66 to 84,06 increased 6,41% on the beam subject.

Keywords : learning media, outcome learning, student respon

Published
2016-09-28
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 71