ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI BETON BERTULANG SISWA KELAS XI TGB SMKN 1 KEDIRI

  • ACHMAD IQBAL KAMIL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan spasial dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan menggambar konstruksi beton bertulang siswa kelas XI TGB SMKN 1 Kediri secara bersama-sama.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket kebiasaan belajar, tes kemampuan spasial, tes kemampuan menggambar konstruksi beton bertulang dan lembar penilaian psikomotor. Analisis regresi berganda dihitung menggunakan program SPSS Statistics 18.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan spasial dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan menggambar. Berdasarkan Hasil uji ANOVA didapat Fhitung = 8,682 dengan tingkat signifikansi = 0,001. Berdasarkan nilai taraf signifikansi 0,001 < 0,05 maka HO ditolak, atau koefisien regresi signifikan. Dari hasil uji t didapat thitung kemampuan spasial adalah 2,346 dengan tingkat signifikansi 0,026. Berdasarkan nilai thitung > ttabel (2,346 > 2,045) maka Ho ditolak, atau kemampuan spasial berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menggambar. thitung kebiasaan belajar adalah 2,766 dengan tingkat signifikansi 0,010. Berdasarkan nilai thitung > ttabel (2,766 > 2,045) maka Ho ditolak, dengan demikian kemampuan spasial dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menggambar.

Kata Kunci :  Kemampuan Spasial, Kebiasaan Belajar, Kemampuan Menggambar.

This study aims to determine the effect together of spatial ability and learning habits of reinforced concrete construction drawing ability a grade XI student of TGB SMK 1 Kediri.

This type of research is quantitative descriptive with correlational approach. Data collecting in this research were obtained through a questionnaire learning habits, spatial ability tests, reinforced concrete construction drawing ability tests and psychomotor assessment sheet. Multiple regression analysis was calculated using SPSS Statistics 18 program.

The results showed that a significant effect between spatial ability and learning habits of reinforced concrete construction drawing ability. Based on test results obtained F arithmetic ANOVA get = 8,682 with a significance level  = 0,001. Based on the level of significance 0,001 < 0,05 and then Ho has rejected, or regression coefficient is significant. From the t test results obtained t arithmetic from spatial ability is 2,346 with a significance level of 0,026. Based t arithmetic > t table (2,346 > 2,045), then Ho has rejected, or the spatial ability effect significantly with drawing ability. T arithmetic of learning habits is 2,766 with a significance level of 0,010. Based t arithmetic > t table (2,766 > 2,045), then Ho has rejected, thus spatial ability and learning habits together significantly effect the drawing ability.

Keywords: Spatial Ablility, Learning Habits, Draw Ability.

Published
2016-10-27
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 44