PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP NILAI PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • DEVIANA AINUL MAALA

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu penyelenggara pendidikan berbasis kompetensi yang diharapkan mampu memenuhi setiap tuntutan keahlian yang dibutuhkan dunia industri. Upaya merealisasikan pendidikan sistem ganda tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui praktik kerja indudtri (prakerin). SMK negeri 3 Surabaya merupakan salah satu sekolah formal yang bergerak dalam kemajuan bidang Teknologi dan Industri, yang di dalamnya terdapat beberapa kompetensi keahlian. Kompetensi keahlian di SMK negeri 3 Surabaya salah satunya adalah, kompetensi keahlian Gambar bangunan (GB). Beberapa prinsip yang dipakai sebagai strategi dalam mempersiapkan prakerin adalah fokusnya pada pengembangan mata pelajaran produktif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini bersifat regresi yang bertujuan untuk mencari kuatnya atau besarnya pengaruh antar variabel, dalam bentuk pengaruh antara hasil belajar mata pelajara produktif sebagai variabel independen terhadap nilai praktik kerja industri (prakerin) sebagai variabel dependen di SMK Negeri 3 Surabaya. Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI jurusan bangunan bidang keahlian gambar bangunan tahun ajaran 2015/2016 SMK Negeri 3 Surabaya dengan jumlah sampel 40 siswa dari 99 populasi yang ada.

Hasil analisis uji regresi hasil belajar mata pelejaran produktif gambar konstruksi bangunan terhadap nilai prakerin adalah sebesar 0,850 yang dapat dilihat dari persamaan regresi ganda sebagai berikut: Y= 75,798 + 0,850X1 + 3,424X2, di mana Y sebagai variabel nilai prakerin dan X1 sebagai variabel hasil belajar mata pelajaran produktif gambar konstruksi bangunan. Pengaruh hasil belajar mata pelejaran produktif menggambar dengan perangkat lunak terhadap nilai prakerin adalah sebesar 3,424 yang dapat dilihat dari persamaan regresi ganda sebagai berikut: Y= 75,798 + 0,850X1 + 3,424X2, di mana Y sebagai variabel nilai prakerin dan X2 sebagai variabel hasil belajar mata pelajaran produktif menggambar dengan perangkat lunak. Variabel hasil belajar mata pelajaran produktif menggambar dengan perangkat lunak dan hasil belajar mata pelajaran produktif gambar konstruksi bangunan dapat mempengaruhi nilai prakerin sebesar 69,5%.

Kata Kunci: Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif, Regresi, Nilai Praktik Kerja Industri.

 

Vocational high school ( SMK ) is one of the organizers education based competence who are expected to meet every demands skills the world needs industry. Order to realize education system the double one of the ways that you can do is through work practices indudtri ( PRAKERIN ) . State vocational schools 3 surabaya is one of formal schools that move in advances in technology and industry , in which there are several skills .Skills in state vocational schools 3 surabaya one of them is , skills picture building ( GB ) . Some principle used as a strategy in preparing prakerin is its focus on the subjects productive.

This research used a quantitative approach . Design research this is a regression aimed at to find strong or magnitude influence between variable , in the form of influence between study results eyes pelajara productive as the independent variable on the work practices industry ( prakerin ) as dependent variable in state vocational schools 3 surabaya . Time and place the study is done at a student xi route building fields of expertise picture building academic year 2015 / 2016 state vocational schools 3 surabaya with the sample of the 40 students from 99 population that is .

The results of the analysis regression test study results eyes pelejaran productive picture the construction of buildings on the value of 0,850 prakerin is that can be seen from the regression equation is double as follows: y = 75,798 + 0,850x1 + 3,424x2 , in which he as variable value prakerin and x1 as variable study results subjects productive picture building construction . The influence of learning outcomes productive eyes pelejaran drawing with the software on the perceived value of prakerin is as much as 3,424 that can be seen from the regression equation is double as follows: y = 75,798 + 0,850x1 + 3,424x2 , where y as variable value prakerin and x2 as variable learning outcomes productive subjects drawing with the software . Variable study results subjects productive draw with software and study results subjects productive picture the construction of buildings can affect prakerin value of 69.5 % .

Keyword: Learning Results Subjects Productive, Regression, Employment Practices Industries Values.

Published
2016-10-31
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 73