HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KOGNITIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK KESELAMATAN DAN NILAI HASIL PRAKTIK PADA PRAKTIK KERJA BATU DI SMK BANGUNAN SE-SURABAYA

  • ISTHIKA WIDYA PRATIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara pemahaman kognitif K3 siswa terhadap kemampuan psikomotorik keselamatan dan nilai hasil praktik yang dilakukan siswa pada praktik kerja batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah kelas XI KBB di SMKN 7 dan SMK 45 Surabaya. Metode pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda sebagai pengukur pemahaman kognitif, lembar pengamatan untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa dalam melaksanakan K3 di sekolah. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah : (1) adanya hubungan antara pemahaman kognitif K3 dengan psikomotorik keselamatan siswa di SMKN 7 dan SMK 45. Ditandai dengan nilai r di SMKN 7 = 0,622. Sedangkan di SMK 45 memiliki nilai r = 0,664 (2) adanya hubungan antara pemahaman kognitif K3 dengan nilai praktik siswa di SMKN 7 dan SMK 45 Surabaya. Ditandai dengan nilai rhitung di SMKN 7 = 0,587 dan nilai r di SMK 45 = 0,468 (3) Hubungan antara pemahaman kognitif K3 terhadap kemampuan psikomotorik dan nilai hasil praktik pada praktik kerja batu di SMKN 7 nilai F hitung = 11,676 lebih besar dari F tabel = 3,44 dan signifikansi kurang dari 5%, maka pembuktian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, persamaan regresi tersebut linier dan ada pengaruh antara pemahaman kognitif terhadap kemampuan psikomotorik keselamatan dan nilai praktik siswa. Sedangkan, hubungan antara pemahaman kognitif K3 terhadap kemampuan psikomotorik dan nilai hasil praktik pada praktik kerja batu di SMK 45 nilai F hitung = 11,676 lebih besar dari F tabel = 3,44 dan signifikansi kurang dari 5%, maka pembuktian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, persamaan regresi tersebut linier dan ada pengaruh antara pemahaman kognitif terhadap kemampuan psikomotorik keselamatan dan nilai praktik siswa

Kata kunci : kognitif, psikomotorik, praktik, K3, praktik kerja batu

This research is aimed to find the relation between student’s cognitive understandings of K3 toward the safety psychomotor understanding and practice result score done by student on stone work practice. This research is a descriptive quantitative research used correlation method. Subject of this study is eleventh grader KBB of SMKN 7 and SMK 45 Surabaya. Data collection methods used in this research is test, observation and documentation. The instrument are multiple choice question to measure cognitive understanding, observation sheet is to measure student’s psychomotor ability in applying K3 in the school. The results of this research are; (1) there is a correlation between student’s cognitive understanding and safety psychomotor in SMKN 7 and SMKN 45. It is proved by value r in SMKN 7 = 0,622 while in SMKN 45 the value r = 0.664. (2) There is correlation between cognitive understanding and practice result in SMKN 7 and SMKN 45 Surabaya. It is proved by value in SMKN 7 = 0,587 and value r in SMK 45 = 0,468. (3) The correlation between K3 cognitive understanding toward psychomotor ability and practice result on stone work practice in SMKN 7 value F calculation = 11,676 bigger than F table = 3,44 and the significance less than 5% thus, hypothesis verification Ho is rejected and Ha is accepted. It means regression equality is linier and there is an influence between cognitive understanding and student’s practice score. Meanwhile, the correlation between cognitive understanding K3 toward psychomotor understanding and practice result score on work stone practice in SMKN 45 value F calculation = 11,676 bigger  than F table = 3,44 and the significance less than 5% thus, the hypothesis verification Ho is rejected and Ha is accepted. That means, the regression equality is linier and having influence between cognitive understanding toward safety psychomotor and student’s score practice.

Keyword: cognitive, psychomotor, practice, K3, work stone practice

Published
2016-11-10
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 99