PENERAPAN MEDIA CD INTERAKTIF DENGAN METODE KUMON BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • MOHAMMAD KHOIRUL A

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media CD Interaktif dengan Metode Kumon, mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media CD Interaktif dengan Metode Kumon, dan mengetahui hasil belajar menggunakan media CD Interaktif dengan Metode Kumon pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen  dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilakukan secara bergantian. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar tes hasil belajar pada pertemuan kedua dan keempat kelas X-TGB 1 dan X-TGB 2 di SMK Negeri 1 Nganjuk. Sampel yang digunakan yaitu 32 siswa kelas X-TGB 1 dan 32 siswa kelas X-TGB 2.

Hasil analisis data menunjukkan persentase kelayakan media CD Interaktif yaitu sebesar 84,24% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil Respon siswa kelas X-TGB 1 pada materi resultan gaya menunjukkan persentase sebesar 87,92% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, respon siswa kelas X-TGB 2 pada materi reaksi tumpuan menunjukkan persentase sebesar 82,44% yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Berdasarkan perhitungan Uji t pada hasil belajar materi resultan gaya didapat  lebih besar dari  ( , dengan signifikansi (α) = 5%, pada hasil belajar materi reaksi tumpuan didapat  lebih besar dari  ( , dengan signifikansi (α) = 5% artinya terdapat perbedaan tes hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapatkan perlakuan media CD Interaktif dengan Metode Kumon dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan. Dengan demikian, Media CD Interaktif dengan Metode Kumon dapat memberikan perbedaan hasil belajar yang lebih baik pada materi resultan gaya dan reaksi tumpuan.

Kata Kunci : Media CD Interaktif, Metode Kumon, Hasil Belajar, Mekanika Teknik, Respon siswa.

This study aims to knows feasibility of Interactive CD Media with Kumon methods. the respons of student using Interactive CD Media with Kumon methods, and determine the result of learning that use Interactive CD Media with Kumon methods on the subject of Engineering Mechanics

The type of research is a quasi experiment with experiment class and control class conducted alternately. Collecting data in this study were obtained through the test sheet student learning outcomes from the second meeting and fourth meeting class X-TGB 1 dan X-TGB 2 in SMK Negeri 1 Nganjuk. The Sample is used 32 student of class X-TGB 1 and 32 student of class X-TGB 2.

The result of the analysis data shows the percentage feasibility of Interactive CD Media with Kumon methods is 84,24 % in category of perfectly valid. The result of student respons class X-TGB 1 on the force resultante shows  the percentage 87,92% are in the very good category. Meanwhile, the result of student respons class X-TGB 2 on the structure reaction shows  the percentage 82,44% are in the very good category.

Based on the calculation t test on the learning outcome of force resultante obtained tcount > ttable ( 3,03 > 1,99) with level of signification (α) 5%. On the learning outcome of structure reaction obtained tcount > ttable ( 3,53 > 1,99) with level of signification (α) 5%. Means that there are differences in learning outcomes significantly between students who receive treatment Interactive CD Media with Kumon method with student who did not receive treatment. Thus, Interactive CD Media with Kumon Method can provide the better difference of the learning outcomes of force resultante and structure reaction.

Keywords : Interactive CD Media, Kumon Methods, Learning Outcomes, Engineer Mechanics, Students respons

Published
2016-11-17
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 15