PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS POWERPOINT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN MACAM-MACAM SAMBUNGAN KAYU DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • SUTARTO WONDO SAPUTRO

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah media pembelajaran untuk kompetensi dasar (KD) menjelaskan macam-macam sambungan yang diterapkan oleh guru di SMKN 3 Jombang berupa gambar 2 dimensi dan miniatur sambungan. Namun penggunaan media tersebut kurang efektif dalam mengatasi masalah kurangnya motivasi siswa dalam memperhatikan dan mempelajari apa yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Masalah lain yang dialami oleh guru dalam penggunaan media pembelajaran miniatur sambungan yang dimiliki sekolah adalah keterbatasan jumlah media tersebut, sehingga media miniatur hanya dapat digunakan ketika disekolah saja dan tidak dapat dibawa pulang untuk dipelajari kembali oleh siswa. Terkait dengan hasil penelitian di atas dan permasalahan-permasalahan yang telah ditemukan di SMKN 3 Jombang, maka untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dikembangkan media animasi berbasis powerpoint. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kelayakan perangkat pembelajaran, (2) bagaimana kelayakan media animasi berbasis powerpoint, (3) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dan (4) bagaiamana hasil belajar siswa setelah menggunakan media. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  (1) kelayakan perangkat pembelajaran, (2) kelayakan media, (3) keterlaksanaan pembelajaran,  dan (4) hasil belajar siswa. Penelitian ini mempunyai manfaat (1)  menghasilkan media yang dapat membantu proses belajar siswa, (2) sebagai  informasi  atau wacana alternatif media pembelajaran yang mudah dibuat bagi guru, (3) dapat menambah koleksi media pembelajaran sekolah, dan (4) Menambah pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan media dan pelaksanaan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif bagi peneliti.

Pengembangan media ini mengadaptasi metode penelitian research and development (R&D). penelitian ini memiliki 7 tahapan yang dilalui untuk menghasilkan dan menguji media animasi berbasis powerpoint. Variabel-variabel yang ada dalam penelitian ini adalah kelayakan perangkat pembelajaran, kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah penggunaan media. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X - TKK SMK Negeri 3 Jombang semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Prosentase kelayakan dari perangkat pembelajaran sebesar 82,86% dinyatakan sangat valid, (2) Prosentase kelayakan dari media animasi berbasis powerpoint sebesar 82,86%, (3) Pengamatan kegiatan kelas menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan hasil rating sebesar, (4) Hasil belajar siswa berdasarkan analisis uji-t mendapat nilai thitung = 0,42 sedangkan ttabel = 1,703 dengan demikian thitung > ttabel sehingga H0 diterima dan Ha ditolak, hal ini berarti hasil belajar siswa kelas X TKK SMKN 3 Jombang setelah penggunaan media animasi berbasis powerpoint dengan metode pembelajaran langsung adalah lebih besar atau sama dengan KKM (75) diterima.

Kata kunci: Media animasi, hasil belajar siswa, Model pembelajaran langsung (MPL), Powerpoint.

Abstract

The background of this research is the medium of learning for basic competence (KD) describes the kinds of connections that are applied by teachers at SMK Negeri 3 Jombang in the form of 2-dimensional images and miniature connection. However, the use of the media is less effective in addressing the problem of lack of motivation in the students' attention and learn what is presented by the teacher in the learning process. Another problem experienced by teachers in the use of instructional media miniature connection of the schools is the limited, so that the miniature media can only be used when the school and can not be brought home for student relearn. Related to the above results and the problems that have been found in SMK 3 Jombang. then to solve these problems, media animation based powerpoint is developed. The problems in this study are (1) how the feasibility study, (2) how the feasibility media based animated powerpoint, (3) how completeness learning and (4) how your student learning outcomes after using the media. While the purpose of this study was to determine (1) the feasibility study, (2) the feasibility of the media, (3) completeness learning, and (4) the results of student learning. This study has the advantage of (1) to produce media that can help students' learning process, (2) the information or alternative discourse media that is created for teachers, (3) can add to a collection of instructional media school, and (4) enhance knowledge and ability in developing the media and the implementation of learning more innovative and creative for researchers.

This media development adapting research methods research and development (R & D). This research has seven stages through to produce and test a media-based animation powerpoint. The variables in this study is the feasibility study, feasibility media, establishment learning and student learning outcomes after the use of media. Subjects in this study were students of class X - TKK SMK Negeri 3 Jombang 2nd semester (even) in the academic year 2015/2016, amounting to 28 learners.

The results of this study indicate that (1) Percentage of the feasibility of the learning device of 82.86% are very valid. (2) Percentage viability of media based animated powerpoint amounted to 82.86% (3) The observation of classroom activities show that the learning activities carried out well with the results of a rating of (4) The results of student learning based on analysis of test-t gets the value t = 0.42, while the t table = 1.703 thus t> t table so that H 0 is accepted and Ha rejected, it means that the results of class X student TKK SMK 3 Jombang after the use of media-based animated powerpoint with a direct method of learning is greater than or equal to KKM (75) is received.

Keywords: Student Facilitator and Explaining, student learning results, AutoCad

Published
2016-11-22
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 169