PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IDENTIFIKASI ILMU BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • IMA NUR HAKIMAH

Abstract

SMK Negeri 3 Jombang menggunakan Model Pembelajaran Langsung (MPL) dengan metode ceramah untuk menjelaskan materi pembelajaran. Proses pembelajaran pada metode ceramah siswa cenderung hanya mendengarkan dan siswa cenderung pasif pada kegaiatan belajar mengajar. Salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar untuk pencapaian kriteria ketuntasan belajar maka dapat digunakan metode pembelajaran genius learning. Pemakaian metode pembelajaran genius learning dalam penelitian ini karena metode pembelajaran genius learning ini menyajikan langkah – langkah pembelajaran yang ringkas, padat, lengkap dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran genius learning pada mata pelajaran identifikasi ilmu bangunan 2) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran genius learning pada mata pelajaran identifikasi ilmu bangunan 3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 3 Jombang pada mata pelajaran Identifikasi Ilmu Bangunan yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran genius learning dan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017 di SMKN 3 Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMKN 3 Jombang sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TGB 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB 2 sebagai kelas kontrol. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli menunjukkan persentase kelayakan sebesar 87% dengan kualitatif sangat valid. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 87% dengan kualitatif sangat baik dan analisis uji hipotesis menghasilkan χ² hitung > χ² tabel yaitu 4,13 > 3,841. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran genius learning dengan media maket dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci : Metode pembelajaran genius learning, rumah plambing simulasi kecepatan air, perencanaan instalasi air bersih

SMK Negeri 3 Jombang using Model Learning Direct (MPL) with a lecture method to explain the learning materials. The process of learning in lecture method students tend to just listen and students tend to be passive in kegaiatan learning. One alternative in improving learning outcomes for achieving the study completeness criteria can be used the teaching methods  genius learning. The use of learning methods learning genius learning in this study because of this learning method of  presents a step - step learning brief, concise, complete and interesting. The purpose of this study was to describe the feasibility of the learning device by using the learning method genius learning on the subjects of building science identification, describe materialize learning by using learning methods genius learning on the subjects of building science identification, describe the differences in the results of class X TGB student of SMK Negeri 3 Jombang Identification Building Science subjects are taught using learning and instructional genius Direct Learning Model (MPL). This type of research is a Quasi-Experimental Design with research design is Non-equivalent Control Group Design. This research was conducted in odd semester of academic year 2016/2017 at SMKN 3 Jombang. The population in this study were students of class X TGB SMKN 3 Jombang, samples in this study were class X TGB 1 as an experimental class and class X TGB 2 as the control class. experiment class gets treatment with teaching methods genius learning with  mockups media and control classes are treated using direct learning model (MPL). This type of research is a Quasi-Experimental Design with research design is Non-equivalent Control Group Design. This research was conducted in odd semester of academic year 2016/2017 at SMKN 3 Jombang. The population in this study were students of class X TGB SMKN 3 Jombang, samples in this study were class X TGB 1 as an experimental class and class X TGB 2 as the control class. Feasibility device learning by experts showed the feasibility percentage of 87% with qualitative very valid. Otherwise materialized learning shows the percentage of 87% with qualitatively very good and analysis a hypothesis test of  generating χ² count > χ² table is 4.13 > 3.841. from these results it can be concluded that there are differences in learning outcomes between experimental class using genius learning teaching methods with media  mock-up and control classes using direct learning model.

Keywords : Learning method genius learning, home plumbing simulated flow     rate, planning the installation of clean water

Published
2016-11-23
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 168