PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • NURMA IROFAH

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah salah satu model pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) yang dapat menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam mengerjakan latihan-latihan soal dengan suasana menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar karena adanya kerja sama antar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Surabaya, jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester gasal 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TGB dengan jumlah 38. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar yang dinyatakan dalam prosentase dan menguji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran mendapat rata-rata rating sebesar 88,75%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran menggunakan kooperatif tipe make a match mendapat rata-rata total sebesar 83,89% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 86,84% dan nilai rata-rata hasil belajar (mean) 82,45 dengan thitung sebesar 9,568, harga ttabel sebesar 1,688 dan derajat kebebasan sebesar 5% (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar, Mekanika Teknik.

Cooperative learning model make a match is one of the models centered learning students (student centered) to foster the spirit and motivation of the students in doing the exercises with the condition is fun, so that students become more active in the learning process for their cooperation among students. The problems of this research is about the feasibility of the device, learning implementation, and learning results. The purpose of this study is to obtain a description of the feasibility of the device, learning implementation, and student learning results after the implementation of cooperative learning model make a match.

This type of research is pre-experimental design. The research was conducted at SMK Negeri 7 Surabaya, majoring in Architecture Engineering (TGB) and the time of the research done on the odd semester 2015/2016. The samples used were students of class X TGB with the number 38. The research instruments used are learning device validation sheets, observation sheets of learning implementation and post test sheet. Data analysis technique used is descriptive analysis by analyzing the feasibility of learning tools, learning implementation and learning results expressed in percentages and test hypotheses using t-test against the left.

The results showed that the feasibility study got an average rating of 88.75%, included in the category of very decent. Learning implementation using cooperative learning model using make a match gets on average a total of 83,89% is included in the excellent category. The results show the percentage of students studying classical completeness amounted to 86,84% and the average value of learning outcomes (mean) 82,45% with thitung 10.18, 1.688 ttabel prices and degrees of freedom at 5% (0.05), then H0 is accepted and Ha is rejected.

Keyword: Make a Match Learning, The Result of Learning, Analysis Structure.

Published
2016-12-09
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 27