PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN MEDIA MAKET PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X GB SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • FITRI INDRAYATI

Abstract

Berdasarkan observasi pendahuluan yang telah dilakukan di SMKN 2 Surabaya bahwa siswa kurang memahami pelajaran konstruksi bangunan khususnya konstruksi atap. Ini dikarenakan proses belajar mengajar yang masih didominasi oleh guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa malu bertanya kepada guru, dan kurang memahami materi yang disampaikan karena kurangnya media yang digunakan untuk memvisualisasikan materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media maket pada mata pelajaran konstruksi bangunan, untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media maket pada mata pelajaran konstruksi bangunan, dan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media maket pada mata pelajaran konstruksi bangunan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X GB SMK Negeri 2 Surabaya, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X GB 1 yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media maket. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar tes.

Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli menunjukkan persentase kelayakan > 80%, yaitu 88% > 80% dengan kualitatif sangat valid. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan para pengamat menunjukkan persentase > 80%, yaitu 92% > 80% dengan kualitatif sangat baik. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media maket didapat nilai rata-rata kelas sebesar 85. Analisis uji hipotesis menghasilkan nilai t hitung > nilai t tabel, yaitu 4,60 > 1,69; yang berarti bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian, rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media maket lebih besar (>) dari 80.

         Kata kunci: Student Facilitator And Explaining (SFAE), maket,  konstruksi bangunan.

Abstract

Based on preliminary observations that has been done in SMKN 2 Surabaya that students less understand the lessons of building construction, especially the construction of the roof. This is because the teaching and learning process are still dominated by the teachers, students are less active in learning, students are embarrassed to ask the teacher, and less understand the material presented due to the lack of media are used to visualize the material being taught. The purpose of this study was to determine the feasibility of the learning device by using Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model with mock-up media on the subjects lessons of building construction, to determine the enforceability of learning by using Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model with mock-up media on the subject lessons of building construction, and to determine the average study results students after using Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model with mock-up media on the subject lessons of building construction.

The kind of research used is Pre-Experimental Design with the research design is One-Shot Case Study. The population in this research is a students class X GB State Vocational High School 2 Surabaya, while the sample in this research is a class X GB 1 received treatment use Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model with mock-up media. The research instrument composed of a learning device validation sheet, observation sheet and test sheet.

Feasibility device learning according to experts indicate the percentage of feasibility > 80%, namely 88% > 80% with qualitative very valid. The materializes study shows by observers indicates the percentage of > 80%, namely 92% > 80% with qualitatively very good. The study results students who use Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model with mock-up media obtained the average score class of 85. Analysis  test of hypothesis produce value t count > t table value, namely 4,60 > 1,69; which means that Ho rejected while Ha accepted. Thus, the average study results students after using Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model with mock-up media is greater than 80.

Keywords: Student Facilitator And Explaining (SFAE), mock-up, building construction.

Published
2016-12-13
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 117