PENERAPAN  MEDIA 3D SKETCHUP PADA KOMPETENSI DASAR MENGINTEGRASIKAN PERSYARATAN GAMBAR PROYEKSI PIKTORIAL BERDASARKAN ATURAN GAMBAR PROYEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • T. Sayuti

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan tujuan untuk mengetahui, (1) kegiatan guru mengajar selama pembelajaran dengan menggunakan media 3d sketchup, (2) kegiatan belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media 3d sketchup, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media 3d sketchup di SMK Negeri 1 Sidoarjo

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal 2015/2016 dengan siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 36 siswa pada mata diklat Gambar Teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis validasi perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Media, Materi dan Soal tes), analisis keterlaksanaan, analisis respon siswa dan analisis tes hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan mengajar guru meningkat dari 3,12% (baik) pada siklus I menjadi 4,23% (baik sekali) pada siklus II dalam skala 1-5. Peningkatan kegiatan mengajar guru ditunjukkan dari penyampaian tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa sebelum memulai pembelajaran, mempresentasikan dan mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan terkait materi pembelajaran menggunakan media 3d sketchup, membimbing pelatihan saat siswa mengerjakan soal latihan, Pengecekan pemahaman siswa dan memberikan kesempatan pelatihan lanjutan kepada siswa. (2) kegiatan belajar siswa meningkat dari 2,67% (cukup) pada siklus I menjadi 3,96% (baik) pada siklus II dalam skala 1-5. Peningkatan kegiatan belajar siswa ditunjukkan dari kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, mendengar penyampaian tujuan pembelajaran dan motivasi oleh guru, mengamati penjelasan guru terkait materi pembelajaran dengan menggunakan media 3d sketchup dan keaktifan siswa dalam bertanya. (3) Ada peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 5,33 atau 7% dari siklus I ke siklus II. Sehingga, ketuntasan individu siswa pada tes akhir siklus adalah 21 siswa yang tuntas, sedangkan persentase ketuntasan kelas pada tes akhir siklus adalah 77,78%.

Kata kunci : penerapan media 3d sketchup, kemampuan guru mengajar, kemampuan belajar siswa dan peningkatan hasil belajar.

ABSTRACT

This classroom action research conducted at SMK Negeri 1 Sidoarjo in order to determine, (1) the activities of teachers teaching for learning by using 3d sketchup media, (2) learning activities of students during learning by using 3d sketchup media, and (3) improvement of learning outcomes students using 3D sketchUp media in SMK Negeri 1 Sidoarjo

This research is a classroom action research (CAR), which was done 2 cycles, each cycle consists of four steps: Planning, Implementation of the action, Observation and Reflection. Research was conducted on the odd semester 2015/2016 with class X TGB SMK Negeri 1 Sidoarjo were 36 students on the training Drafting. Data analysis technique in this research is the analysis of the validation study (syllabus, RPP, Media, Materials and Test item), enforceability analysis, analysis of student responses and analysis of student achievement test.

The results of this study indicate that: (1) the teaching activity of teachers increased from 31,2% (good) in the first cycle to 42.3% (excellent) on the second cycle in a 1-5 scale. Increasing teachers 'teaching activities shown on the delivery of learning objectives and prepare students before the start of learning, presenting and demonstrating knowledge or skill related learning materials using SketchUp 3D media, guiding the training when the students do exercises, checking students' understanding and provide advanced training opportunities to students. (2) the learning activities of students increased from 26.7% (enough) in the first cycle to 39.6% (good) in the second cycle in a 1-5 scale. Improved student learning activities indicated on the student's readiness to absorb the lessons, hear the delivery of learning objectives and motivation by teachers, observing the teacher's explanations related learning materials using SketchUp 3D media and student activity in asking. (3) There is an increase in the value of student learning outcomes by 5.33 or 7% from the first cycle to the second cycle. Thus, the individual student mastery at the end of the test cycle is 21 students who completed, while the percentage of completeness class at the end of the cycle test was 77.78%.

Keywords: 3d media SketchUp application, the ability of teachers teaching, students' learning ability and improved learning outcome

Published
2016-12-14
Abstract Views: 777
PDF Downloads: 562