PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI RENCANA ANGGARAN BIAYA

  • MOCH KAMSUN AZHARI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi lapangan di SMKN 1 Kemlagi Mojokertoo bahwa siswa kurang memahami pelajaran Rencana anggaran Biaya Bangunan. Siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru dikelas dan mengerjakan soal soal latihan sehingga siswa kurang aktif serta pembelajaran masih menggunakan metode pembelajaran langsung (MPL) oleh karena itu, model pembelajaran yang sesuai dengan siswa sangat diperlukan agar siswa aktif dalam mengikuti pelajaran di kelas. Model pembelajaran yang menuntut peserta didik harus aktif, salah satunya adalah model pembelajaran Project Based learning Model pembelajaran yang menuntut peserta didik harus aktif, salah satunya adalah model pembelajaran Project Based learning.      

Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya Bangunan, Mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya Bangunan, Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya Bangunan, dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya Bangunan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil 2016/2017 di SMKN 1 Kemlagi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII TGB A sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TGB B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya dan kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar angket respon siswa, lembar observasi/pengamatan, dan lembar tes hasil belajar.

Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli menunjukkan presentase kelayakan sebesar 86% dengan kualitatif sangat valid. Respon siswa menunjukan persentase sebesar 89% dengan kualitatif baik sekali. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukan persentase sebesar 90% dengan kualitatif sangat baik. Hasil belajar siswa kelas eksperimen menghasilkan rata-rata lebih besar daripada kelas kontrol yaitu kelas eksperimen= 83 dan kelas kontrol= 75. Dan Analisis uji hipotesis menghasilkan thitung > ttabel yaitu 3,04 > 1,99. Dengan demikian maka, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya Bangunan dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Project Based learning (PjBL) pada pelajaran Rencana anggaran biaya Bangunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dikelas.

Kata kunci: Project Based learning (PjBL), Rencana anggaran Biaya Bangunan, Hasil belajar siswa

Based on the results of field observations in SMKN 1 Kemlagi Mojokerto that students do not understand the lessons of building cost budgeting plan. The students are much listening what their teacher lesson and finishing an exercices tasks. This makes students are not active. Beside that, lesson model using Direct Lesson Model. This model is not suitable if want students active when they are in the class. With Project Based Learning (PjBL), it is good learning model can makes students more actives in their lessons. The purposes of this riset are describes of aplication lesson tools using Project Based Learning Lessons of Building Cost Budgeting Plan, describes of how students respon after using Project Based Learning Lessons of Building Cost Budgeting Plan, describes of the application of Project Based Learning (PjBL) Lessons of Building Cost Budgeting Plan and describes of result of students learned after using learning of Project Based Learning (PjBL) of lesson of Building Cost Budgeting Plan.

Type of riset is Quasi Experimental Design with riset design Nonequivalent Control Group Design. This riset was held on  even semester 2016/2017 at  SMKN 1 Kemlagi Mojokerto. The Sample was class of XII TGB A as Experiment Class and class of XII TGB B as Control Class. Class of experiment using learning model of Project Based learning (PjBL) lesson of building cost budgeting plan and class of control using direct learning model. Riset Instrument use many kind of sheets, which are tool learning validation sheet, student respon quisioner sheet, observation sheet and learned result test sheet.

The prosentase of application of learning tools is 86%. This is very kualitative. The prosentase of students respon is 89%. It is very good value. Besides, The prosentase of learning was run with 90%. It’s also very kualitative value. The average of learned result of experiment class was 83 and control class was 75. Value of experiment class more greater than control class. The Analysis of Hipotesis Exam creates t arithmetic With calculating table shows result is 3,04 > 1,99 It’s means there is different of learned result, between experiment class was used learning model Project Based Learning of Lesson of Building Cost Budgeting Plan and control class was used Direct Learning Lesson. So, the resume of the riset shows using Project Based Learning (PjBL) Lesson of Building Cost Budgeting Plan can increases students learned result because this learning model makes students more active when they learn in the classroom.

Keywords: Project Based Learning, Building Cost Budgeting Plan, The Result Of Student Learned.

Published
2017-01-03
Abstract Views: 200
PDF Downloads: 78