“PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH  DI SMKN 1 NGANJUK”

  • ZUCHRIYA NUR AINI M

Abstract

Pemberian Jobsheet Ilmu Ukur Tanah ini bertujuan sebagai sarana penyampaian materi kepada peserta didik atau siswa sehingga dapat membantu meningkatkan kompetensi siswa dalam aspek kognitif terlebih pada keterampilan praktik yang di inginkan.Josbheet ini bersifat interaktif karena melibatkan siwa secara langsung untuk menggali informasi yang lebih dalam mengenai mata diktat ukur tanah terlenih pada materi pengukuran beda tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan penggunaan jobsheet dan hasil belajar siswa setelah penggunaan jobsheet pada siswa kelas X di SMKN 1 Nganjuk.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-expermintal dengan bentuk one-shot case study.Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Nganjuk kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 28 siswa pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dan  teknik tes. Teknik analisis data yang menggunakan teknik analisis validator, dan teknik analisis tes hasil belajar.

Hasil penelitian pengaruh penggunaan Jobsheet terdiri dari: 1). Kelayakan jobsheet dengan presentase sebesar 76% dinyatakan baik dan layak untuk digunakan. 2). Kelayakan perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran berupa silabus sebesar 81,5%, RPP 79,5%,  dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan. 3). Kelayakan soal posttest dengan presentase sebesar 83% dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan. 4) Hasil Ujii coba prestasi hasil belajar terhadap penggunaan Jobsheet diperoleh nilai rerata sebesar 81,5 untuk uji tes pengetahuan dan 83 untuk uji keterampilan. Nilai tersebut melebihi standar ketuntasan minimum yaitu 75.

Kata Kunci : kelayakan Jobsheet

The use Measure Soil Science is intended as a means of delivering the material to the students so as to help improve the competence of students in cognitive skills prior to the desired practices. Josbheet is interactive because it involves students directly to get more information on the subject land surveyor prior to the material height difference measurement.

The purpose of this study was to determine the feasibility of using jobsheet and student learning outcomes following the use jobsheet in class X in SMK 1 Nganjuk. This research is a study of pre-expermintal the form of one-shot case study. This research was conducted at SMK 1 Nganjuk class X Architecture Engineering with 28 students in an odd semester of 2016/2017 academic year. Data collection techniques in this study were done by using a questionnaire, and the testing techniques.

Data analysis using analytical techniques validator, and analysis techniques achievement test. With the effects of the use of Jobsheet consists of: 1) Feasibility jobsheet with a percentage of 76% declared well and fit for use.  2). Feasibility learning tool in the learning process in the form of a syllabus for 81.5%, 79.5% RPP, otherwise very good and deserves to be used. 3) Feasibility matter posttestwith a percentage of 83% is expressed very well and deserves to be used. 4) The results of trials on the use of achievement of learning outcomes Jobsheet obtained a mean value of 81.5 to 83 test tests knowledge and skills to the test. That amount exceeds the minimum standard of thoroughness is 75.

Keywords: feasibility Jobsheet

Published
2017-01-03
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 252