PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X GB SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • DANY IMANINA

Abstract

Tujuan penelitian tentang penerapan metode pembelajaran peer lessons dengan media modul adalah mengetahui (a) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan media modul. (b) respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan media modul. (c) perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok yang diberi metode pembelajaran aktif tipe peer lessons dan kelompok yang tidak diberi dengan dilengkapi media modul.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental. Pengambilan sampel dilakukan secara menyeluruh, sehingga jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu kelas X GB 1 dengan 38 siswa, kelas X GB 2 dengan 36 siswa serta X GB 3 dengan 37 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observer, tes tulis dan angket. Pelaksanaan metode peer lessons dengan metode silang, dimana penetapan kelas yang hanya diberi modul berbeda di setiap pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis penilaian validator, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis angket respon siswa, dan analisis uji beda menggunakan uji-t (independent sample t-test).

Hasil penelitian adalah sebagai berikut (a) keterlaksanaan proses pembelajaran aktif peer lessons menunjukkan kriteria sangat baik dengan rerata prosentase kegiatan mengajar guru sebesar 91,89% dan rerata prosentase kegiatan belajar siswa sebesar 89,57%, (b) respon positif ditunjukkan melalui rerata respon terhadap pembelajaran aktif peer lessons sebesar 77,78% dengan interpretasi kuat, (c) perbedaan hasil belajar siswa ditunjukkan pada pertemuan awal yaitu rerata hasil belajar kelompok yang diberi pembelajaran aktif peer lessons dilengkapi modul lebih tinggi dibandingkan dengan rerata hasil belajar kelompok yang hanya diberi modul. Selisih rerata nilai kedua kelompok signifikan untuk disimpulkan keduanya berbeda secara nyata. Pada pertemuan selanjutnya, tidak menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok sampel. Selisih rerata nilai hasil belajar kedua kelompok sampel kecil dan tidak berarti untuk disimpulkan keduanya berbeda secara nyata.

Kata kunci : Metode Peer Lessons, Modul, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar, Respon Siswa

Purpose about active learning type of peer lessons with media module was to determine (a) implementation learning by using active learning type of peer lessons with media module. (b) response of student to application active learning type of peer lessons with media module. (c) differences in learning outcomes between groups are given active learning type of peer lessons and groups are not given and complete with media module.

The kind of research is quasi experimental design. The sampling is done thoroughly, so that the total population is equals the number of samples class X GB 1 with 38 students, class X GB 2 with 36 students and class X GB 3 with 37 students. The instrument collection data used sheets validation, observation sheets, written test and questionnaires. The implementation of peer lessons with cross method, where the determination of class who were given different module at each meeting. Analysis techniques of data using analysis of validator valuation, analysis implementation of learning, analysis responses of student , and learn to use test results analysis of independent sample t-test.

This is the results of research (a) implementation active learning type of peer lessons indicate the criteria very well with average percentage teacher teaching of 91,89% and average percentage student studying of 89,57%, (b) positive response shown by the average response to active learning type of peer lessons of 77,78% with very strong interpretation, (c) difference learning outcomes showed the initial meetings is the average learning outcomes of group by active learning type of peer lessons with media module higher when compared with value of group are only given media module. The difference between the average value of the two groups were significant for both concluded significantly difference. At the next meeting, showed no difference in learning outcomes between the two groups of samples. The difference in the average number of learning outcomes both sample groups are small and not mean to be concluded both significantly difference.

Keywords : Method of Peer Lessons, module, implementation of learning, learning outcomes, response of students.

Published
2017-01-05
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 38