PENGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL BERBANTU JOBSHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI  PADA KOMPETENSI MEMBUAT KUSEN PINTU DAN JENDELA JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • BAHRUL AFANDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kelayakan pembelajaran, keterlaksanaaan pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa terhadap penggunaan media video tutorial berbantu jobsheet pada kompetensi membuat kusen pintu dan jendela.

Desain penelitian yaitu menggunakan One-shot case study. Subyek penelitian yang digunakan  adalah kelas XI TKK, semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMK Negeri 3 Jombang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi silabus, RPP, Media, Lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar, dan angket respon siswa.  Teknik analisis data menggunakan analisis validasi kelayakan perangkat pembelajaran dan media, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisi prestasi siswa dan analisis respon siswa.

Pembelajaran yang menggunakan media video tutorial berbantu jobsheet pada kompetensi membuat kusen pintu dan jendela didapatkan rata-rata hasil validasi media pembelajaran sebesar 81% yang berarti sangat valid dan sangat layak untuk digunakan, rata–rata validasi perangkat pembelajaran sebesar 84,5% sangat valid dan sangat layak untuk di gunakan, nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 79,7% yang artinya terlaksanan dengan baik, prestasi belajar siswa didapatkan nilai ketuntasan individual sebesar 83 lebih besar dari KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 96,8% tuntas. Untuk respon siswa, sebanyak  20 siswa merespon sangat baik dan sebanyak 11 siswa merespon dengan baik.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran, Keterlaksanaan Pembelajaran, Prestasi Belajar, Respon Siswa.

Abstract

This research aim to determine and describe the feasibility of learning, enforceability of learning, learning outcomes and student response to the use of media video tutorial assisted jobsheet on the competence make doors and window frames.

The research design is using One-shot case study. Subjects used is a class XI TKK, the first semester of the academic year 2016/2017 at SMK Negeri 3 Jombang. Techniques of data collection are interviews, tests and questionnaires. The instruments used were a questionnaire sheet validation of syllabi, lesson plans, media, sheets of Implementability learning, sheet of achievement test, and a student questionnaire responses. Data were analyzed using analysis of feasibility validation learning tools and media, analysis of Implementability learning , analysis of student achievement and analysis of student response.

Learning to use the media video tutorial assisted jobsheet on the competence jobsheet make doors and window frames obtained an average result of the validation study media at 81%, which means it is very valid and very unfit for use, the average validation learning device by 84.5%, which means a very valid and very feasible for use, the average value of learning enforceability 79.7%, which means undone well, student achievement completeness individual values obtained by 83 greater than KKM and classical completeness of 96.8% complete. For the students' responses, 20 students responded very well and as many as 11 students responded well.

Keywords: Media of Learning, Learning Tool, Implementability of Learning, Achievement, Student Response.

Published
2017-01-13
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 61