PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMKN 1 SIDOARJO

  • RENI KUSTANTI

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange adalah model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk berpikir kreatif, berani mengemukakan pendapat, dan bekerja sama dengan siswa lain untuk dapat memecahkan permasalahan. Siswa mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan lebih banyak kelompok karena siswa melakukan perputaran anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sidoarjo, jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester gasal 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TGB 1 dengan jumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat,  keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan uji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata rating sebesar 87,75%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan kooperatif tipe rotating trio exchange memperoleh prosentase keterlaksanaan sebesar 85%, termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 80,07 dengan t hitung sebesar dan 4,68, nilai t tabel 1,693 dan derajat kebebasan sebesar 5%, maka H0 diterima dan Ha ditolak.  

Kata Kunci : Hasil Belajar, Konstruksi Bangunan, Rotating Trio Exchange.

Cooperative learning model of Rotating Trio Exchange type is a learning model which can help students to think creatively, to dare to express opinions, and to cooperate with other students to solve the problem. Students got opportunity to discuse with more many groups because students conduct rotation of group member. This research purpose to determine the feasibility of learning tools, learning process, and learning outcomes using cooperative learning model of Rotating Trio Exchange type.

The research design used in this study was one-shot case study. The study was conducted in State Vocational High School 1 of Sidoarjo of Architecture major (TGB) during the odd semester in 2016/2017. The samples used are the students of X class in TGB 1 as 35 students. The research instrument used consists of the validation sheet of learning tools, the observation sheet of learning process, and the test of result study. Data analysis technique used was descriptive analysis which analyzes the feasibility of the tools, learning process, learning outcomes, and hypothesis test using t-test of left side.

The results of the study shows that the eligibility of learning tools acquires an average rating of 87,75%, and it includes in the category of very decent. Learning process which uses cooperative type of trio exchange acquires process percentage of 85%, and it includes in the excellent category. Student learning outcomes shows that an average value of 80.07 with t calculation of 4.68, and the table of t value is 1,693, and the freedom degrees of 5%. Therefore, H0 is accepted and Ha is rejected.
Keywords: Learning Outcomes, Building Construction, Rotating Trio Exchange.

Published
2017-01-13
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 130