PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PENGUKURAN BEDA TINGGI DENGAN SUDUT VERTIKAL SISWA KELAS XI GEOMATIKA DI SMKN 1 NGANJUK

  • TIARA ZULYANSARI LIU

Abstract

Surveying merupakan pelajaran yang mendasarkan pada materi pengetahuan hafalan dan hitungan. Siwa Geomatika secara umum harus memahami keseluruhan materi yang diberikan di kelas sebagai acuan pelaksanaan praktik di lapangan. Materi dasar dari pengukuran posisi vertikal adalah materi pembelajaran beda tinggi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI Geomatika SMK Negeri 1 Nganjuk pada materi pengukuran beda tinggi dengan sudut vertikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode demontrasi. Penerapan media video tutorial ini dilengkapi dengan analisa data hasil belajar siswa serta tanggapan berupa respons siswa terhadap media yang dipakai.

Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada kelas XI Geomatika SMK Negeri 1 Nganjuk pada mata pelajaran surveying berjalan sesuai dengan perencanaan. Hasil analisis perhitungan thitung pada tes keterampilan adalah 17,22 dan hasil analisis perhitungan thitung pada tes pengetahuan adalah 13,577. Hasil perhitungan menunjukkan thitung>ttabel, ttabel=1,696. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada tes ketreampilan adalah 84,97 dan nilai rata-rata kelas pada tes pengetahuan adalah 82,08. Media video tutorial pengukuran beda tinggi dengan sudut vertikal mendapatkan respon baik (78%) dari siswa.

Kata Kunci: Video Tutorial, Beda Tinggi Dengan Sudut Vertikal, Hasil Belajar.

Surveying is the lesson that basing on the materials memorizing knowledge and calculate knowledge. Geomatics students in general must understand the overall material given in class as a reference implementation of the practice in the field. The basic material of the measurement vertical position is a material of learning the difference in height.

This research is the kind of experiment research. The research was implemented on semester gasal school year 2016/2017. The goals of this research is to know the result of the study class XI Geomatics student SMK Negeri 1 Nganjuk in material measurement high difference with vertical angle. The methods used in this research is a method of demonstration. The application media video tutorials come with data analysis the result of student  lesrning as well as a response of the students towards the media used.

The result obtained show that the implementation of learning in class XI Geomatics SMK Negeri 1 Nganjuk on subjects surveying runs in accordance with planning.  The result of the analysis thitung calculation on the skills test are 17,22 and analysis result of thitung calculation on a test of knowlwdge are 13,577. The calculation result show thitung > ttabel, ttabel = 1,696. While the average value of the class on skills test is 84,97 and the value of the average class on a test of knowledge is 82,08. Media video tutorials measurements of high dofference with vertical angle is getting good response (78%) of the student.

Keywords: Video Tutorial, High Difference With Vertical Angle, The Result Of Learning.

Published
2017-01-16
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 174