PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIK PADA KOMPETENSI DASAR MENGOLAH PEMBUATAN SAMBUNGAN DAN HUBUNGAN KAYU SESUAI UKURAN DAN JENIS PEKERJAAN KONSTRUKSI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • DWI RACHMADIA

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan instrumen penilaian kinerja praktik mengolah pembuatan smbungan dan hubungan kayu untuk mengetahui kelayakan instrumen serta mengetahui hasil uji coba penerapan instrumen yang dilaksanakan pada kelas XI TKY SMKN 2 Surabaya. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian berjumlah 30 siswa pada kelas XI TKY SMKN 2 Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan cara penilaian unjuk kerja dan validasi pengembangan instrumen penilaian. Analisis yang dilakukan adalah analisis kepraktisan dengan memberikan makna pada pendeskripsian hasil analisis data. Hasil dari analisis validasi yang didapatkan menunjukkan kelayakan instrumen penilaian yang dilakukan memperoleh rata-rata sebesar 80,00% dengan rincian validasi instrumen penilaian kinerja proses dan produk validasi  mendapatkan hasil sebesar 80,00% dari jumlah total jawaban validator sebesar 144 dengan 12 soal yang diberikan. Validasi perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dilakukan oleh validator didapatkan hasil analisis sebesar 80,00% dari jumlah total jawaban validator 204 dengan 17 soal. Validasi perangkat pembelajaran silabus sebesar 80,00% dengan jumlah total penilaian validator sebesar 168 dengan 14 soal. Hasil validasi yang dilakukan mendapat interpretasi nilai dengan kriteria layak. Sedangkan hasil dilaksanakan hasil uji coba  instrumen berupa penilaian unjuk kerja proses mendapatkan ketuntasan hasil belajar sebesar 90,00%, dan penilaian unjuk kerja produk dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 90,00%. Hasil rata-rata yang didapatkan adalah sebesar 90,00%. Dari hasil tersebut kemudian dikalikan dengan kontribusi nilai dari setiap item penilaian sebesar 60% penilaian proses dan 40% penilaian produk dan setelah itu dijumlahkan dari setiap item lembar penilaian. Hasil yang didapatkan yaitu sebesar 90,00%. Dengan kata lain hasil belajar tersebut mendapatkan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Instrumen penilaian, Kinerja Praktik, Validasi, Pembelajaran

 The aim of the research conducted was to determine the feasibility of developing an instrument and know the learning outcomes of students from instrument development trials undertaken in class XI TKY SMKN 2 Surabaya. The study has been done carried out a research and development with research subjects are 30 students in the class XI TKY SMKN 2 Surabaya. Data collection was performed by  performance assessment and validation of the development of assessment instruments. Analysis is conducted analysis of the practicality of giving meaning to the description of the results of the data analysis. Results of the validation analysis obtained show the feasibility assessment instruments made an average gain of 80,00%, with details on the assessment instrument validation of the process and product performances sheets of 80,00% with a total amount of 144 validator assessments with 12 questions. Validation of the learning lesson plan undertaken by the validator obtained results of analysis of 80,00% of the total number of answers validator 204 with 17 questions.  Syllabus validation learning device by 80% with total number of votes amounted to 168 validator with 14 questions. With these results the validation is done to get a decent interpretation of the value criteria. While the results of trials conducted in the form of instrument development performance assessment process of gaining mastery learning outcomes by  90,00%, and performance assessment of products with the thoroughness of learning outcomes by 90,00%. The average yield obtained amounted to 90,00%. From these results in the multiplied by the value contribution of each item rating of 60% performance assessment process and 40% of performance products and thereafter summed assessment of each sheet. The results obtained in the amount of  90,00%. In other words, the study results get very good criteria.

Keywords: Assessment Instrument, Practical work, Validation, Learning

Published
2017-01-18
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 59