PENERAPAN MEDIA MAKET PADA KOMPETENSI DASAR MENGKATEGORI MACAM-MACAM PEKERJAAN KONSTRUKSI KAYU UNTUK RENCANA ANGGARAN BIAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • MOHD WALIDURROHMAN EFENDI BIN SOEPANDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan pembelajaran penerapan media maket pada kompetensi dasar mengkategori macam-macam pekerjaan konstruksi kayu untuk rencana anggaran biaya di SMK Negeri 3 Surabaya, dan (2) Hasil belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 3 Surabaya setelah mendapatkan pembelajaran dengan media maket pada kompetensi dasar mengkategori macam-macam pekerjaan konstruksi kayu untuk rencana anggaran biaya.

Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian Pre-Eksperimental Design bentuk Intact-Group Comparison. Penelitian ini diterapkan dalam dua kelas di SMK Negeri 3 Surabaya yakni kelas X TGB 1 dan kelas X TGB 2. Dari dua kelas tersebut, satu kelas diberi perlakuan pembelajaran menggunakan maket (kelas eksperimen) yaitu kelas X TGB 2 dan satu kelas tidak diberi perlakuan (kelas kontrol) yaitu X TGB 1. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisisi kemampuan awal siswa, analisis kelayakan media dan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis hasil tes siswa. Untuk uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji chi kuadrat digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar.

Hasil validasi Media Pembelajaran Maket mendapat persentase sebesar 91.1% yang masuk dalam kategori sangat baik dan media pembelajaran dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Selain itu, didapatkan pula hasil dari validasi Silabus sebesar 79.3%, RPP sebesar 78.2%, Materi sebesar 83.8% dan Soal Post Test sebesar 80%. Maka perangkat pembelajaran masuk dalam kategori baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan mengajar guru, didapatkan hasil termasuk dalam kategori baik. Kemudian, berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar siswa , didapatkan hasil termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis hasil belajar siswa menggunakan uji Chi Kuadrat (X2) mendapat nilai X²  hitung > nilai X²  Tabel =  6.053 > 3.841; maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, yang berarti kelas eksperimen mendapatkan hasil belajar yang lebih baik daripada kelas kontrol.

Kata kunci: Media Maket, Hasil Belajar Siswa, Rencana Anggaran Biaya

This research aims to determine (1) Learning the application of miniature media basic competence categorizing all kinds of construction work wood to plan budget at SMK Negeri 3 Surabaya, and (2) The outcomes of class X student of SMK Negeri 3 Surabaya TGB after getting learning with miniature media basic competence categorizing kinds of wood construction work for the budget plan.

Methods used in this research is the design of the study Pre-Experimental Design of Intact-Group Comparison. This research is applied in two classes at SMK Negeri 3 Surabaya namely X TGB 1 class and X TGB 2 class. From these two classes, one class by learning using mock treatment (experimental group) that TGB X 2 and class untreated ( control class), namely X TGB 1. Data collected by means of documentation, questionnaires, observations, and tests. Data analysis is performed analisisi initial ability of students, feasibility analysis, media and learning tools, learning application analysis, and analysis of student test outcomes. To test data analysis using normality test, homogeneity, hypothesis testing, and chi square test used to determine differences in learning outcomes.

Learning miniature media validation gets a percentage amount 91.1% is in the category very well and learning media can be used in teaching and learning in schools. In addition, also obtained the outcomes of the validation Syllabus get 79.3%, RPP get 78.2%, Materials get 83.8%, and Problems Post Test get 80%. So learning devices fit in either category to be used in the learning process. Based on observations of the teacher's teaching activities, the outcomes obtained are included in both categories. Then, based on the observation of student learning activities, the outcomes obtained are included in both categories. The outcomes of student learning analysis using Chi Square (X2) gets the value of X ² count > X ² table value = 6.053> 3,841; then Ho is rejected and Ha accepted, it shows there are differences in learning outcomes between the experimental class control class, which means that the experimental class get better learning outcomes than the control class.

Keywords: Miniature Media, Student Learning Outcomes, Budget Plan

Published
2017-01-19
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 289