PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RUMUS RUMUS DASAR PEKERJAAN SURVEY PEMETAAN DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • ANNIDA NUR FADLIA

Abstract

Kompetensi dasar (KD) memahami rumus rumus dasar pekerjaan survey pemetaan merupakan salah satu KD dalam mata pelajaran dasar-dasar perhitungan survey pemetaan (DPSP) yang diterima peserta didik kelas X pada jurusan Teknik Geomatika (TGMT). Salah satu materi dasar yang harus dipahami peserta didik adalah mengaplikasikan program Ms. Excel pada perhitungan beda tinggi.

Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode active learning tipe quiz team. Metode active learning tipe quiz team adalah metode pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik atas apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak mengancam atau membuat takut.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan mengetahui penerapan metode active learning tipe quiz team pada kompetensi dasar memahami rumus-rumus dasar pekerjaan survey pemetaan di SMK Negeri 2 Bojonegoro dan (2) mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penggunaan metode active learning tipe quiz team pada kompetensi dasar memahami rumus-rumus dasar pekerjaan survey pemetaan di SMK Negeri 2 Bojonegoro

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design tipe one shot case study. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik angket digunakan untuk memperoleh data perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X TGMT 2 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 peserta didik.

Hasil penelitian yang didapatkan pada kelas X TGMT 2 menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran mendapat nilai 82,3%, pelaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai 90,3% dan respon peserta didik mendapatkan nilai 85,16% serta nilai rata-rata hasil belajar adalah 88,59. Adapun hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa Ho adalah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode active learning tipe quiz team lebih besar atau sama dengan KKM (75), mendapatkan hasil perhitungan thitung adalah 15,0 sedangkan  ttabel = 1,685 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung>ttabel. Dari hasil uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dengan pernyataan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode active learning tipe quiz team lebih besar atau sama dengan KKM (75).

Kata Kunci: active learning, quiz team, Ms. Excel, beda tinggi, hasil Belajar.

Abstract

Basic competence (KD) understand formulas work mapping the survey is one of KD in subjects basic calculation survey  mapping (DPSP) received learners class X at of geomatic engineering (TGMT). One of the material the base that must be understood students apply program is Ms .Excel on a calculation different high.

The learning methods which are applied in this research is a method of active learning type quiz the rest of the team. A method of active learning type quiz the rest of the team is the learning methods which able to increase a sense of responsibility school tuition for what they learn by way of fun and not threatening or spooked.

The purpose of this research are (1) to examine the application of knowing the application of the learning methods active learning type quiz team on the basic competency understand basic formulas work survey mapping in SMK Negeri 2 Bojonegoro and (2) to examine learning outcomes of the learning methods active learning type quiz team on the basic competency understand basic formulas work survey mapping in SMK Negeri 2 Bojonegoro.

This research uses the method the quantitative approach with the kind of research pre-experimental design type one shot case study. Data collected by using a test, quisioner and documentation. Test techniques used to know study results school tuition. Quisioner techniques used to obtain data planning learning, presentation weighting and response school tuition. Documentation technique used to obtain data observation presentation weighting. Time and place the study is done at students class X TGMT 2 academic year 2016 / 2017 which consisted of 32 students.

The results of research was obtained on class X TGMT 2 shows that planned learning they received a 82,3%, the implementation of learning received a value of 90,3% and response students given a value of 85,16% as well as the average value of learning outcomes is 88,59. As for the result of a test of the hypothesis which states that Ho is learning outcomes students by using the method of learning active learning type quiz team greater or equal to KKM (75), get a result of calculation thitung is 15,0 while ttabel = 1,685 so that the result of calculation shows that thitung ≥ ttabel. From the results of a test of the hypothesis, we can conclude that Ho accepted with a statement of learning outcomes students by using the method of learning active learning type quiz team greater or equal to KKM (75).

Keywords: active learning, quiz team, Ms. Excel, different high, students outcomes.

Published
2017-02-22
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 131