PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB DI SMKN 3 SURABAYA

  • FIRDAUS

Abstract

Sebagai latar belakang penelitian ini adalah siswa SMK bidang TGB yang masih sangat sulit untuk mengerti pelajaran Mekanika Teknik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi guru dalam menyampaikan pelajaran, sehingga siswa kurang tertarik dan aktif untuk mengikuti pelajaran. Pada saat belajar mengajar seperti biasanya  guru memaparkan materi yang disampaikan di papan tulis tanpa melakukan demonstrasi dan kemudian meminta siswa mengerjakan soal perhitungan yang diberikan. Hendaknya seorang guru dapat berinovasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat menghilangkan kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi di atas serta permasalahan-permasalahan lainnya yang ada di SMKN 3 Surabaya maka solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahannya dicoba metode pembelajaran think pair share.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design yang terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB 3 sebagai kelas kontrol Program Keahlian Bangunan SMK Negeri 3 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017.

Hasil penelitian pada keterlaksaan pembelajaran mendapatkan sebesar 3,85 dengan kriteria sangat baik. Metode pembelajaran think pair share dapat memperbaiki hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik. Dengan perolehan skor keterlaksanaan pembelajaran pada setiap tatap muka adalah tatap muka 1 sebesar 3,78, tatap muka 2 sebesar 3,91 dan tatap muka 3 sebesar 3,91. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (93,75%) dari 32 orang siswa mendapat nilai KKM (>75) . Untuk kelas kontrol (38,71%) dari 31 orang siswa yang mendapat nilai KKM (>75).

Kata Kunci: Mekanika Teknik, Metode Think Pair Share, Teknik Gambar Bangunan.

Abstract

As background of this research is the field of vocational students TGB is still very difficult to understand the lessons of Engineering Mechanics. This is caused by the lack of variety in teachers deliver lessons, so students are less interested and active to follow the lesson. At the time of teaching and learning as teachers usually describes the material presented on the board without doing a demonstration and then asks students to work on the problems of calculations given. Should a teacher can innovate in teaching methods that can eliminate boredom in the learning process. Based on observations in the above and other problems existing in SMK 3 Surabaya then the solution for addressing the problem attempted think pair share learning methods.

The method used is a quasi-experimental design types of nonequivalent control group design consisting of three meetings and one time test. The target in this research is the students of class X TGB 2 as an experimental class and class X TGB 3 as the control class Building Skills Program SMK Negeri 3 Surabaya Academic Year 2016/2017.

Results of research on the implementation of the learning gain of 3.85 with the criteria very well. Think pair share the learning method can improve learning outcomes in subjects of engineering mechanics. With the acquisition of the learning execution score on every face is, face to face first at 3.78, at 3.91-face 2 and face 3 amounted to 3.91. The results of students in the experimental class (93.75%) out of 32 students scored KKM (> 75). To control class (38.71%) of the 31 students who scored KKM (> 75).

Keywords: Mechanics Technique, Method Think Pair Share, Mechanical Image Building.

Published
2017-02-24
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 17