PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA KOMPETENSI DASAR SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB DI SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

  • NOVI ISNA WARDANI LUBIS

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik untuk materi kontruksi bangunan, yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain proses belajar masih menggunakan model ceramah dan bersifat Teacher Centered bukan Student Centered,  hal ini mengakibatkkan proses belajar mengajar menjadi satu arah, jenuh dan membosankan sehingga banyak siswa yang yang berbiacara sendiri sehingga materi pembelajaran tidak dapat diterima dengan baik, dan membuat hasil belajar siswa menurun.

Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Mojokerto, penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklus  terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Reflesksi. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal 2016/2017 yang dilakukan pada siswa kelas X TGB 1 berjumlah 36 siswa pada mata pelajaran Kontruksi bangunan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu teknik observasi dan teknik analisis tes hasil belajar siswa.

Hasil penelitia ini menunjukan bahwa: (1) kegiatan mengajar guru mengajar pada saat guru mengajar dengan menerapkan model Think Pair Share, pada siklus (I) 2,35% ( kurang baik) pada siklus (II) 3,35% (baik) dan pada siklus (III) menjadi 3,75% (baik sekali). (2) Peningkatan kegiatan guru ditunjukan  penyampaian tujuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa sebelum memulai pembelajaran. Mendemostrasikan pengetahuan siswa terkait materi pembelajaran menggunakan model Think Pair Share. membimbing pelatihan saat siswa mengerjakan soal latihan. Pencapaian hasil belajar siswa dari siklus I memperoleh hasil 41,7%  siklus II menjadi 86% , dan siklus III 91,6%. (3) Ada peningkatan nilai hasil belajar mengajar antara siswa dan guru, terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa dengan tiga siklus pada mata pelajaran kontruksi bangunan.

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Hasil Belajar

Abstract

This study has a background that is still low learning outcomes of students for the material construction of the building, which is caused by several factors, among others, the learning process is still using a model of lecture and nature Teacher Centered not Student Centered, it mengakibatkkan learning process into one direction, saturated and boring so many students who speaks any myself so learning materials can not be received well, and make the results of student learning decreases. This research is the Classroom Action Research (PTK). SMKN1 held in Mojokerto, this research was conducted as many as three cycles, each cycle consisting of four phases: (1) Planning, Implementation of the action, observation and Reflesksi. Research was conducted on the odd semester 2016/2017 conducted in class X TGB one of the 36 students on the subjects of building construction. Data analysis techniques in this study is the observation techniques and analysis techniques test student learning outcomes. The results of these empirically show that: (1) teaching teachers teach when teachers teach by applying the model Think Pair Share, the cycle (I) 2.35% (less good) on the cycle (II) 3,35% (excellent) and in cycle (III) menjadi 3,75% (excellent). (2) The increase in activity of teachers demonstrated the delivery of learning objectives and prepare students before the start of learning. Demonstrating the students' knowledge related learning materials using a model Think Pair Share. guiding the training when the students do exercises. Student achievement should obtain the results from the first cycle second cycle 41.7% to 86%, and the third cycle of 91.6%. (3) There is an increase in the value of learning outcomes between students and teachers, there is an increase in students' learning outcomes with three cycles on the subjects of building construction.

Keywords:  Application of Learning Model Think Pair Share Learning outcomes

Published
2017-02-28
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 48