HASIL BELAJAR TEORI PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BATU DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • FARIZ KURNIAWAN SYAHPUTRA

Abstract

Metode  everyone is a teacher here  merupakan  cara tepat untuk mendapatkan  partisipasi  kelas  secara  keseluruhan  maupun individual. Selain itu, metode ini memberi kesempatan kepada  setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi  peserta didik lain. Peserta didik mampu membaca, baik secara mandiri, maupun bekerja sama, saling membantu dan aktif  dalam  proses  pembelajaran  di  kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan respon peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bojonegoro, jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester gasal 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI TKBB 2 dengan jumlah 32. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,  lembar tes hasil belajar dan angket respon. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon peserta didik yang dinyatakan dalam prosentase dan menguji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran mendapat rata-rata rating sebesar 89,93%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran menggunakan kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here mendapat rata-rata total sebesar 96% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa nilai rata-rata hasil belajar (mean) 89,06 dengan thitung sebesar 10,91, harga ttabel sebesar 1,696 dan derajat kebebasan sebesar 5% (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatit Tipe Everyone Is A Teacher Here, Konstruksi Batu, Hasil Belajar

Abstract

A method of everyone is a teacher here is the way right to get participation class as a whole and individual. In addition, this method giving chances to every school tuition to act as a teacher for a school tuition other.  School tuition capable of being read, either on their own , and work together, mutual aid and active in a learning process in class. The problem with the formulation of this study is about the worthiness of the device, the implementation of learning, learning outcomes and response school tuition. The purpose of this research is obtain a description about the worthiness of the device, the implementation of learning, learning outcomes students and response school tuition after the implementation of cooperative kind of classroom type everyone is a teacher here.

The kind of research used is pre-experimental design. Of research in public smk 2  bojonegoro, of technique construction blocks of concrete (TKBB) and time the research was done in the first half gasal 2015/2016. Sample used were students class XI TKBB 2 with the number of 32. Research instruments used namely sheets of validation device learning, sheets of observation presentation weighting, sheets of the test results learning and chief response. Data analysis technique used namely descriptive analysis by analyzing the worthiness of the device of learning, the implementation of learning, learning outcomes and response students expressed in prosentase and test hypotheses with uji-t left parties.

The research results show that feasibility device learning got the average rating of 89,93%, included in a category very reasonable .Presentation weighting use the model learning use cooperative type everyone is a teacher here have the average total of 96% included in a category very good .Study results students the average score study results 89,06 with thitung of 10,91, the price of 1,696 t tabel and degree of freedom to 5% (0.05), so h0 received and ha rejected

Keywords: learning model kooperatit type everyone is a teacher here , masonry construction , study results

Published
2017-03-17
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 28