PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) PADA MATA PELAJARAN  KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • RIA SUSANTI

Abstract

Siswa dalam proses pembelajaran dituntut dapat belajar secara mandiri. Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review (PQ4R) adalah salah satu strategi pembelajaran yang seluruh kegiatanya dipusatkan pada siswa, dituntut untuk menemukan informasi secara mandiri melalui bacaan yang telah diberikan, memaknai, dan mengolahnya menjadi menjadi sebuah informasi. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui kerlaksanaan pembelajaran siswa setelah pelaksanaan strategi pembelaran PQ4R dan hasil belajar siswa yang didapatkan setelah pelaksanaan strategi pembelajaran PQ4R.

Pre-experimental design digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo, jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester gasal 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TGB 2 dengan jumlah 36 siswa. Instrumen  penelitian yang digunakan, yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar yang dinyatakan dalam prosentase kemudian dikelompokkan dalam kategori tertentu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R mendapat rata-rata total sebesar 90,60 % termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 88,89% dan nilai rata-rata hasil belajar (mean) 83,33.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Konstruksi Bangunan, Strategi Pembelajaran.

Abstract

Demands focus on student learning process requires students to learn independently. Learning strategies Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review (PQ4R) is one of the learning strategy allactivities was centered on the student, then be guided to find information independently through the texts have been given then interpreted and processed them into becoming an information. The research purposed to determine implantation of student learning after the application of the PQ4R learnig strategy and determined student learning result after the application of PQ4R learning strategy

Pre-experimental design is used bythis research. The research was conducted at SMK Negeri 1 Sidoarjo in Architecture Engineering (TGB) department  and the time of the research done on the odd semester 2015/2016. The samples used were students of class X TGB 2 with the number of 36 students. The research instrument used is learning device validation sheets, observation sheets learning implementation and test sheet. Data analysis technique used is descriptive analysis with learning  implementation analysis and  student learning results analysis, that analysis would be showed in percentages after that was grouped in certain catagories.

The results showed that precentages of Learning Implementation using PQ4R learning strategy gets on average a total of 90.60% is included in the excellent category. The results show the percentage of students studying classical completeness amounted to 88.89% and the average value of student learning results (mean) is 83.33.

Keywords: Construction Building, Learning Result, Learning Strategy.

Published
2017-03-19
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 34