PENGEMBANGAN JOBSHEET PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT BAGIAN-BAGIAN KOMPONEN KUSEN, DAUN PINTU DAN JENDELA KAYU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI.1 TKK SMK NEGERI KUDU JOMBANG

  • KHAIRAL UMMI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan jobsheet ini untuk mengetahui pengembangan jobsheet yang sudah ada supaya dapat mengaktifkan siswa, jobsheet yang digunakan di sekolah SMK Negeri Kudu Jombang masih kurang lengkap karena langkah-langkah dalam jobsheet tersebut belum diuraikan secara rinci dan gambar kerja belumĀ  ada. Sehingga pada pengembangan jobsheet ini ditambahkan langkah-langkah kerja dan gambar kerja agar dapat mempermudah siswa dalam melaksanakan praktik.

Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan R&D (researc and development). Tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi perangkat pembelajaran, jobsheet, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan angket respon siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri Kudu Jombang. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa.

Hasil penelitian pengembangan jobsheet terdiri dari uji coba: 1) Kelayakan perangkat pembelajaran digunakan dalam proses belajar mengajar berupa kelayakan jobsheet yang terdiri dari Silabus, RPP, materi, soalĀ  dan angket respon siswa, memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,70%, sehingga kelayakan perangkat masuk dalam kategori 81%-100% yang dikatakan sangat layak 2) Hasil keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 80% yang diperoleh dari pertemuan 1 dan pertemuan 2. 3) Hasil angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 87% yang diperoleh dari penilaan siswa. 4) Hasil uji coba prestasi hasil belajar siswa terhadap pengunaan jobsheet diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,33 untuk uji pengetahuan dan 81 untuk uji keterampilan, nilai tersebut telah melebihi standar ketuntasan minimum yaitu 75.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan jobsheet yang dikembangkan pada kompetensi dasar membuat bagian-bagian komponen kusen, daun pintu dan jendela kayu layak digunakan untuk pembelajaran praktik membuat kusen pintu tunggal di kelas XI TKK SMK Negeri Kudu Jombang. Keterlaksanaan pembelajaran didalam proses pembelajaran dinyatakan sangat baik begitu juga dengan angket respon siswa dan hasil belajar dinyatakan baik.

Kata kunci: Pengembangan Jobsheet, Hasil Belajar, Angket Respon Siswa

Abstract

The research objective is to examine the development jobsheet jobsheet existing development in order to enable students, jobsheet used in the Jombang Kudu SMK school is still not complete because of steps in the jobsheet not been described in detail and are not working drawings. So that the development of this jobsheet added work steps and working drawings in order to facilitate students in carrying out the practice

This type of research conducted is research the development of R & D (researc and development). The stages used in the study of the potential and problems, data collection, product design, design validation, revision of the design and testing of products. Collecting data in this study were obtained through a learning device validation results, jobsheet, feasibility of learning, learning outcomes and student questionnaire responses. The research was conducted in the first semester of academic year 2016/2017. The subjects were students of class XI Wood Construction Engineering Department of SMK Kudu Jombang. The research subjects were 30 students.

Jobsheet development research results consist of tests: 1) Feasibility study device used in the learning process in the form of feasibility jobsheet consisting of syllabus, lesson plans, materials, matter and student questionnaire responses, scored an average of 88.70%, so the feasibility the device in the category of 81% -100%, which is said to be a very decent 2) Results feasibility of learning obtain an average value of 80% were obtained from the first meeting and the meeting 2. 3) the results of questionnaire responses students get an average of 87% which obtained from penilaan students. 4) The test result of achievement of student learning outcomes to the use jobsheet obtained an average value of 77.33 to test 81 to test their knowledge and skills, the value has exceeded the minimum of 75 standard completeness.

The final conclusion is that the development jobsheet developed on the basis of competence make the component parts sills, doors and wooden window suitable for use in learning the practice of making a single door frame in class XI TKK SMK Jombang Kudu. Feasibility of learning in the learning process is otherwise very good as well as the student questionnaire responses and learning outcomes expressed good.

Keywords: Jobsheet Development, Learning Outcomes, Student Response Questionnaire

Published
2017-04-06
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 69