PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION(AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI PONDASI SESUAI KAIDAH GAMBAR TEKNIK

  • ALDI GESA ALFATONI

Abstract

Penerapan  model pembelajaran  Auditory, Intelectually dan Repetition (AIR) dengan maket bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, respon  siswa, dan keterlaksanaan model pembelajaran   guru dan murid dengan menggunakan model AIR

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni yang objek penelitianya yaitu pembelajaran dengan model AIR menggunakan maket . Sampel  penelitian ini adalah kelas XI TGB 2 dan XI TGB 3. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan respon siswa, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, Uji homogenitas, Uji Hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran AIR dengan maket pada SMKN 3 Surabaya pada mata pelajaran menggambar rencana pondasi terdapat kenaikan hasil belajar sebesar 8,74% dan pada mata pelajaran menggambar detail rencana pondasi terdapat kenaikan sebesar 12,56%. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran AIR dengan maket direspon  sangat  baik oleh siswa kelas XI TGB SMK Negeri 3 Surabaya yang menunjukkan presentasi sebesar 87,76% pada materi menggambar rencana pondasi dan 87,61% pada materi menggambar detail rencana pondasi.  Hasil pengamatan pelaksanaan model pembelajaran guru dan murid memperoleh presentase sebesar 65% dengan kategori baik.

Kata Kunci : Auditory, Intelectually, Repetition (AIR), Hasil Belajar, Menggambar Rencana Pondasi 

Abstract

The application of learning model auditory, intellectually, repetition using maket aims to know the increase of student studying result, student response, and the learning teacher and student using AIR learning model.

This research is an experiment about AIR learning model using maket as object. The sample of this research are a student of XI TGB 2 and TGB 3. The instrument  was used are sheet of validation learning device, observation sheet about learning model and student response, and sheet of studying result test. The method of data analysis was used are normality test, homogeneity test, and hypothesis test.

The result of this research showed that there was an increase of study result by AIR learning model using maket on SMKN 3 SBY students. On drawing foundation plan lesson, there is an increase by 8,74% and drawing detail foundation, there is an increase by12,56%. The learning using AIR learning model with maket gets a goof response from student of XI TGB class SMKN 3 SBY that showed the prosentase is 87,76% on drawing foundation plan lesson and 87,61% on detail drawing foundation pan lesson. The observation result of learning teacher and student gets the prosentase 65% with good category.

Keywords : auditory, intellectually, repetition, study result, drawing foundation plan

Published
2017-04-25
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 57