PENERAPAN E-MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X TGB SMKN 1 NGANJUK

  • DIYAH AYU F

Abstract

Latar belakang peneitian ini yaitu  rendahnya hasil belajar siswa kelas X TGB pada mata diklat Konstruksi Bangunan. Hal ini disebabkan sulitnya daya serap siswa dalam memahami pengetahuan konstruksi bangunan dan bahan ajar yang kurang variatif, maka perlu meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan (1) hasil belajar siswadengan menerapkan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGTpada mata diklat konstruksi bangunan di kelas X TGB SMKN 1 Nganjuk (2) kegiatan mengajar guru dengan menerapkan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata diklat konstruksi bangunan kelas X TGB SMKN 1 Nganjuk. (3) kegiatan belajar siswa di kelas dengan menerapkan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata diklat konstruksi bangunan kelas X TGB SMKN 1 Nganjuk.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TGB 1 SMKN 1 Nganjuk berjumlah 32 siswa dan guru mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi kegiatan mengajar guru dan lembar observasi kegiatan belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada penerapan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan, ketuntasan klasikal meningkat dari 81,25% pada siklus 1 menjadi 90,62% pada siklus 2 (2) Kegiatan mengajar guru pada penerapan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan dari 4,07 pada siklus 1 menjadi 4,28 pada siklus 2. (3) Kegiatan belajar siswa pada penerapan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkat dari 3,67 pada siklus 1 menjadi 4,08 pada siklus 2

Kesimpulan penelitian adalah: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata diklat konstrksi bangunan kelas X TGB SMKN 1 Nganjuk. (2) Terdapat peningkatan kegiatan  mengajar guru pada penerapan e-modul berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata diklat konstruksi bangunan kelas X TGB SMKN 1 Nganjuk. (3) Terdapat peningkatan  kegiatan belajar siswa pada penerapan e-modul berbasis pembelajaran  kooperatif tipe TGT pada mata diklat konstruksi bangunan kelas X TGB SMKN 1 Nganjuk.

Kata Kunci: E-modul Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

This research applied based on the low of student learning result of TGB tenth grade student of on building construction subject. It was due to the student’s receiving ability in understanding building construction knowledge and lack of critical thinking development, which will need to improve student learning result, through the application of E-modul based cooperative learning tipe team game tournament. The purposes of this research were: 1) to improve student’s learning result of tenth grades SMK Negeri 1 Nganjuk on building construction subject, 2) to improve teacher’s teaching activity in applied e-modul based cooperative learning tipe team game tournament, 3) to improve student’s learning  activity in applied e-modul based cooperative learning tipe team game tournament.

This was a class action research which conducted for two cycles. Research subject were tenth grades students of SMK Negeri 1 Nganjuk that maounted of 32 students and tenth grade building construction teacher. Instrument which applied were student learning result, observation sheet and teacher activity observation sheet and student learning activity observation sheet. Data collecting technique which applied were test, teacher instruction activity observation method, and student learning activity observation method.

Research results showed that: 1) student learning results applied e-modul based cooperative learning tipe team game tournament on first cycle with class score mean as big as 79,67 and on second cycle class score mean as big as 87,33. Student’s learning completeness on first cycle as big as 81,25% and on second cycle was 90,625%. 2) Teacher’s instruction activity result obtained 4,078 and on second cycles was 4,289. 3) Student’s learning result in e-modul based cooperative learning tipe TGT application first cycle obtain mean as big as 3,67 and on second cycles was 4,08.

This research conclusion were: 1) there was an improvement on student learning result though e-modul based cooperative learning tipe TGT application on building construction subject on TGB tenth grade student of SMK Negeri 1 Nganjuk. 2) There was an improvement on teacher instruction activity in applied e-modul based cooperative learning tipe TGT. 3) There was improvement on student’s learning activity in applied e-modul based cooperative learning tipe TGT.

Keyword: E-modul Based Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament, Student’s Learning Result

Published
2017-05-02
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 81